Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:31:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T03:19:19Z2019-01-29T20:21:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15492This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/154922015-04-07T03:19:19ZPERBANDINGAN METODE BRANCH AND BOUND DENGAN METODE CLARKE AND WRIGHT SAVINGS UNTUK PENYELESAIAN MASALAH DISTRIBUSI AQUA GALON DI PT. TIRTA INVESTAMA YOGYAKARTASri Nurhayati2015-04-07T03:19:19Z2019-01-29T20:22:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15505This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/155052015-04-07T03:19:19ZANALISIS TEKNIKAL PERDAGANGAN VALUTA ASING EURO EROPA TERHADAP DOLAR AMERIKA DENGAN MENGGUNAKAN STOCHASTIC OSCILLATORLukman Zaenudin2015-04-07T03:19:18Z2019-01-29T20:21:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15486This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/154862015-04-07T03:19:18ZMODEL BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK UNTUK PERAMALAN KASUS DEMAM BERDARAH DI D.I. YOGYAKARTAShinta Prajna Paramita Jati2015-04-07T02:40:49Z2019-01-29T19:42:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14389This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/143892015-04-07T02:40:49ZREGRESI KERNEL DENGAN METODE NADARAYA WATSONEsty Esty2015-04-07T00:58:23Z2019-01-29T19:42:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14378This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/143782015-04-07T00:58:23ZANALISIS KESTABILAN HELICOVERPA ARMIGERA (HAMA PENGGEREK BUAH) DAN PAEDERUS FUSCIPES SP (TOMCAT) DENGAN MODEL MANGSA-PEMANGSA DAN RESPON FUNGSIONAL MICHAELIS MENTEN DENGAN METODE BEDA HINGGA MAJULusiana Dwi Indriastuti2015-04-07T00:45:39Z2019-01-29T19:33:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14132This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/141322015-04-07T00:45:39ZRANCANGAN PERCOBAAN TIGA FAKTOR DENGAN PENGUKURAN BERULANG (THREE FACTOR EXPERIMENT WITH REPEATED MEASUREMENT)Rancangan percobaan tiga faktor dengan pengukuran berulang merupakan
percobaan dengan tiga faktor perlakuan dimana beberapa unit percobaan diukur
berulang kali pada waktu yang berbeda. Adanya pengukuran berulang melibatkan
faktor antar subjek (between subject) dan faktor inter subjek (within subject).
Faktor between subject adalah variabel independen. Sedangkan faktor within
subject adalah variabel dependen yang dihitung secara berulang-ulang untuk
semua anggota sampel. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk
menjelaskan rancangan percobaan tiga faktor pengukuran berulang desain one
within-two between, two within-one between, dan three within dengan model tetap
serta contoh penerapannya.
Sebelum melakukan pengujian dengan analisis variansi (ANAVA)
pengukuran berulang, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi normalitas dan
sphericity pada faktor intersubjek. Hipotesis yang diuji pada rancangan percobaan
ini adalah pengaruh dari faktor antar subjek, faktor inter subjek, dan interaksi
faktor inter subjek dan antar subjek. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan
statistik uji F.
Contoh penerapan desain one within-two between adalah penelitian untuk
mengetahui pengaruh jenis kerusakan otak, pelatihan, dan jenis uji memori
terhadap jumlah jawaban benar pasien. Jenis kerusakan otak dan pelatihan
merupakan faktor between subject, sedangkan jenis uji memori merupakan faktor
within subject. Hasil pengujian yang diperoleh adalah pelatihan, jenis kerusakan
otak, jenis uji memori, dan interaksi jenis kerusakan otak dengan jenis uji memori
mempengaruhi jumlah jawaban benar pasien. Contoh penerapan desain two
within-one between adalah penelitian untuk mengetahui pengaruh perbedaan
metode, waktu penilaian, dan lokasi merokok terhadap skala keinginan merokok.
Metode merupakan faktor between subject, sedangkan waktu penilaian dan lokasi
merokok merupakan faktor within subject. Hasil pengujian yang diperoleh adalah
waktu penilaian, lokasi merokok, interaksi metode dengan waktu penilaian, dan
interaksi waktu penilaian dengan lokasi mempengaruhi skala keinginan merokok.
Contoh penerapan desain three within adalah percobaan untuk mengetahui
pengaruh waktu pengujian, jenis lintasan, dan ukuran mobil terhadap jumlah
kesalahan pada kemudi (steering errors). Ketiga faktor tersebut merupakan faktor
within subject. Hasil pengujian yang diperoleh adalah waktu pengujian, jenis
lintasan, ukuran mobil, dan interaksi waktu pengujian dengan ukuran mobil
mempengaruhi jumlah kesalahan pada kemudi (steering errors).Asfarina Chairunisaa2013-12-10T03:28:02Z2019-03-08T06:15:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10829This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/108292013-12-10T03:28:02ZAPLIKASI METODE FULL INFORMATION MAXIMUM LIKELIHOOD (FIML) PADA PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN SIMULTAN
(Studi Kasus : Data Stok Uang, PDRB, dan Konsumsi Rumah Tangga Di DIY)
Septiana EkaSubekti Retno2013-12-09T21:14:44Z2019-03-11T00:33:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10812This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/108122013-12-09T21:14:44ZAPLIKASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MATERI SISTEM BILANGAN PADA SISWA KELAS XI RPL 3 SMK NEGERI 6 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Agar dapat mengajar secara efektif, guru perlu meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar, hendaknya guru mampu merencanakan dan melakukan proses pembelajaran yang baik.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 3 SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Analisis data menggunakan mixed methods.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72,5%), siklus II (77,5%), siklus III (92,5%). Peningkatan prestasi belajar siswa mencapai 20 %.Zuraidah Zuraidah Unaizatin Salmah2013-12-09T21:14:34Z2019-03-11T00:32:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10798This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/107982013-12-09T21:14:34ZPENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INTEGRASI INTERKONEKSIPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran matematika dengan pendekatan integrasi interkoneksi dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika yang menenpuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika pada semester gasal tahun akademik 2013/2014. Obyek dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini mengambil desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang merupakan pengembangan dari konsep Kurt Lewin. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data secara kualitatif yang didukung oleh analisis data secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan integrasi interkoneksi dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data skor rata-rataTKBK pada saat pratindakan sebesar 23, siklus I sebesar 27,7, dan dan siklus II sebesar 36,6.
Kata Kunci: pendekatan integrasi interkoneksi, kemampuan berpikir kritis
Suparni Suparni