Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:58:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T00:38:08Z2019-01-29T18:17:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9755This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97552013-02-05T00:38:08ZPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS
KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENAI RIAUPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII SMP Negeri 1 Benai Riau dengan
menggunakan multimedia pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara
kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan
dokumentasi digunakan untuk menunjukkan bukti telah dilakukannya penelitian.
Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kuantitatif dan persentase.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi belajar siswa dapat
ditingkatkan melalui pemanfaatan multimedia pembelajaran. Pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebelum tindakan, persentase motivasi belajar siswa
memiliki kategori tinggi masih berada pada angka 0%. Setelah dilakukan tindakan
pada siklus I, maka motivasi belajar siswa pada kategori tinggi meningkat menjadi
6,67%. Karena belam mencapai target pencapaian yang telah ditetapkan maka
penelitian dilnjutkan dengan mengadakan tindakan siklus II. Setelah dilakukan
tindakan siklus II, motivasi belajar siswa meningkat cukup signifikan dengan kategori
tinggi mencapai 83,33%.
Kata kunci: motivasi belajar, multimedia pembelajaran, IPS Nita Nirmala2012-11-28T03:16:25Z2019-01-29T17:17:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7884This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78842012-11-28T03:16:25ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII
SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATENPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia
pembelajaran mata pelajaran IPS bagi kelas VII sebagai sumber belajar yang
layak digunakan dalam kegiatan belajar baik secara individu maupun kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui beberapa
tahapan, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan
produksi, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Setelah analisis kebutuhan
diterjemahkan ke dalam desain kemudian dihasilkan produk awal untuk divalidasi
oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa
melalui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan terbatas (3 siswa), uji coba lapangan
lebih luas (6 siswa), dan uji coba operasional (20 siswa). Subjek uji coba dalam
penelitian adalah siswa kelas VII SMP N I Kalikotes Klaten. Data dikumpulkan
melalui angket dan observasi saat uji coba kemudian data hasil penelitian
dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia
pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Geografi bagi siswa kelas VII SMP
dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah tervalidasi secara konsep dan empiris
memenuhi kriteria. Segi pembelajaran diperoleh skor 4,21 (kriteria baik), segi isi
diperoleh skor 4,24 (kriteria sangat baik), dan segi tampilan diperoleh skor 4,28
(kriteria sangat baik). Produk multimedia pembelajaran IPS ini memiliki fitur
sebagai berikut: tampilan menggunakan gambar diam dan gerak, gambar (figur)
dan background dibuat kontras, font menggunakan bentuk Calibri, konsistensi
tombol navigasi, menggunakan aspek animasi. Dari hasil uji konseptual dan
empiris yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata
pelajaran IPS Untuk Kelas VII SMP dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah
layak digunakan oleh siswa SMP Kelas VII sebagai salah satu sumber belajar
alternatif bagi siswa untuk mempermudah pemahaman materi .
Kata kunci: multimedia pembelajaran, mata pelajaran IPS, siswa Kelas VII SMP.CAHYA SEPTIAN DWI 2012-10-12T03:57:27Z2019-01-29T16:52:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6598This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65982012-10-12T03:57:27ZPENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWARTET UNTUK
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS 3SDPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu kwartet seri denah dan
peta yang layak untuk mempermudah peserta didik dalam menghafal dan memahami
kelengkapan peta pada pokok bahasan komponen denah dan peta mata pelajara Ilmu
Pengetahuan Sosial kelas 3 Sekolah Dasar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada
pengembangan Borg dan Gall. Dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall,
peneliti hanya mengikuti langkah sampai pada nomor sembilan belum sampai pada
tahap produksi massal. Subjek dalam penelitian ini adalah satu dosen KTP FIP, dan
peserta didik tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data
adalah pengamatan langsung, wawancara, dan angket. Adapun metode yang
digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan peneliti berupa media kartu kwartet pokok bahasan denah
dan peta yang terdiri dari 7 kelompok kartu. Hasil validasi yang dilaksanakan oleh ahli
media, segi fisik mendapatkan persentase 91,7% yang masuk dalam kategori sangat
layak. segi gambar mendapatkan persentase 66,7% yang masuk dalam kategori layak.
segi warna mendapatkan persentase sebesar 100% dan masuk dalam kategori sangat
layak. segi tulisan dan pemakaian, oleh ahli media diberikan persentase 66,7% yang
masuk dalam kategori layak. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi, secara
keseluruhan mendapatkan persentase 87,5%. Validasi per aspek dari ahli materi, pada
segi isi mendapatkan presentase 86,7% yang masuk dalam kategori sangat layak. Pada
segi pembelajaran mendapatkan persentase 88,9%. Dalam ujicoba dari kelompok kecil,
utama, dan operasional dalam segi pembelajaran didapati kenaikan persentase dari
62,5% oleh kelompok awal, 70% dalam kelompok utama dan yang terakhir
mendapatkan persentase 73% dalam kelompok operasional. Dalam segi media, media
ini juga mendapatkan peningkatan presentase dari 66,7% dalam kelompok awal,
kemudian 69,4% dalam kelompok utama, serta 76,9% dalam kelompok operasional.
Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta tahap uji coba yang dilakukan, maka
media kartu kwartet ini layak digunakan untuk memudahkan peserta didik memahami
materi.Damay Aries K.2012-10-12T03:56:00Z2019-01-29T16:50:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6528This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65282012-10-12T03:56:00ZPENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA PERMAINAN
KARTU MATHEMATICARDS UNTUK SISWA KELAS 1
SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYANPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media
pembelajaran permainan kartu Mathematicards yang layak dalam arti media ini mudah,
menarik dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan berhitung siswa dalam mata
pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan
10 untuk kelas 1 Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development
).
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:
penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji
coba lapangan dan revisi. Setelah melalui tahap produksi, dihasilkan produk awal yang
telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada
siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan awal yang terdiri dari 5 siswa, uji coba
lapangan utama 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional 30 siswa. Subyek uji coba
produk adalah siswa kelas 1A SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta. Data
dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba. Data hasil penelitian dianalisis dengan
teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu Mathematicards termasuk
kategori “baik”. Data hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa dari aspek isi
dikategorikan baik dengan persentase skor 100% dan dari aspek pembelajaran juga
dikategorikan baik dengan persentase skor 100%. Data hasil validasi ahli media
menunjukkan bahwa dari aspek kualitas fisik dikategorikan baik dengan persentase skor
83,4%, dari aspek tampilan dikategorikan baik dengan persentase skor 100% dan dari
aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase skor 100%. Data hasil uji
coba lapangan awal menunjukkan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik dengan
persentase skor 86,7%, dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase
skor 78,4% dan dari aspek media dikategorikan baik dengan persentase skor 88,3%.
Hasil ujicoba lapangan utama menunjukkan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik
dengan persentase skor 88,8%, dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan
persentase skor 85,4% dan dari aspek media dikategorikan baik dengan persentase
skor 86%. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan bahwa dari aspek isi
dikategorikan baik dengan persentase skor 88,3%, dari aspek pembelajaran
dikategorikan baik dengan persentase skor 85,5% dan dari aspek media dikategorikan
baik dengan persentase skor 87,2%.Jati Nurcahyo2012-10-05T02:15:05Z2019-01-29T16:49:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6496This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64962012-10-05T02:15:05ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV
SD NETRAL C YOGYAKARTAPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia
pembelajaran interaktif mata pelajaran Bahasa Jawa yang layak dan dapat digunakan
oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar tentang unggah-ungguh basa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilaksanakan
melalui beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, pengembangan model, dan uji coba
model. Tahap pertama adalah pendahuluan yang meliputi studi pustaka dan studi
lapangan. Tahap kedua adalah pengembangan yang meliputi perencanaan dan
pengembangan produk awal. Tahap ketiga adalah uji lapangan meliputi uji coba
individual yang terdiri dari 3 siswa, uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dan
uji coba lapangan yang terdiri dari 15 siswa. Sebelum diujicobakan, produk divalidasi
oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah
pedoman observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan
(1
) Pengembangan multimedia pembelajaran
interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV SD dilaksanakan sesuai prosedur
pengembangan media yang meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan, produksi/
pengembangan media, dan revisi, sedang evaluasi terhadap pengembangan multimedia
pembelajaran interaktif dikembangkan sesuai dengan prosedur evaluasi pengembangan
media meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan.
(2
)
Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kelayakan pada aspek pembelajaran
sebesar 4,20
(kategori baik), kelayakan pada aspek isi sebesar 4,00
(kategori baik),
hasil validasi oleh ahli media menunjukkan kelayakan pada aspek tampilan sebesar 4,10
(kategori baik), kelayakan aspek pemrograman sebesar 3,77
(kategori baik). Rata-rata
hasil uji coba lapangan multimedia pembelajaran interaktif menunjukkan skor 4,25
(kategori sangat baik
). Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Jawa layak untuk menjadi media
pembelajaran dan sumber belajar.Dwi Nursiwi Mardiyani2012-10-05T02:15:03Z2019-01-29T16:49:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6497This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64972012-10-05T02:15:03ZPENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO
UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS V SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media CD audio sebagai salah
satu sumber belajar pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V sekolah dasar; mengetahui kualitas media
CD audio dtinjau dari aspek isi, pembelajaran dan tampilan media CD audio
pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu panduan
Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Puren.
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan
angket. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CD audio untuk mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan
(IPS) kelas V sekolah dasar yang dilaksanakan di SD Negeri Puren
dikategorikan baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji pelaksanaan
lapangan menunjukkan kelayakan media CD audio untuk mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan
(IPS) kelas V sekolah dasar yang dilaksanakan di SD Negeri Puren layak
digunakan dengan hasil presentase keseluruhan 93% memenuhi kriteria “baik” artinya
layak digunakan. Hasil tersebut dapat dirinci tiap indikator,yaitu kejelasan materi yang
disampaikan baik yaitu 96,9%, kedalaman materi yang disampaikan baik yaitu 96,9%,
kesesuaian materi dengan standar kompetensi baik yaitu 100%, pemahaman tokoh baik
yaitu 87,5%, kemudahan memahami materi baik yaitu 90,6%, daya dukung media untuk
membantu belajar baik yaitu 100%, kepraktisan,kemudahan penggunaan media baik
yaitu 84,4%, keamanan bahan kemasan baik yaitu 93,8%, desain grafis kemasan baik
yaitu 87,5%, intonasi suara baik yaitu 93,8%, kejelasan ucapan narator baik yaitu
93,8%, tempo ucapan baik yaitu 87,5%, penggunaan bahasa baik yaitu 90,6%, ilustrasi
dan sound effect yang digunakan baik yaitu 100%, kejelasan isi media baik yaitu 87,5%,
kemudahan memahami isi media baik yaitu 90,6%, dan kejelasan petunjuk
belajar/penggunaan media baik yaitu 96,9%. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan secara keseluruhan media CD audio untuk mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan
(IPS) kelas V sekolah dasar layak digunakan untuk mengembangkan
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) untuk siswa sekolah dasar kelas V.Dani Tensiaji2012-10-05T02:15:01Z2019-01-29T16:49:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6498This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64982012-10-05T02:15:01ZKEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP
)
MATA PELAJARAN IPA
KELAS V SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENJANG PENDIDIKAN
DAN MASA KERJA DI UPT PELAYANAN PENDIDIKAN
KECAMATAN DEPOK SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk: 1
) mengetahui tingkat kemampuan guru dalam
mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) mata pelajaran IPA kelas
V sekolah dasar di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Sleman, 2
)
untuk
mengetahui perbedaan tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar ditinjau
dari jenjang pendidikan, 3
) untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan guru
dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) mata pelajaran
IPA kelas V sekolah dasar ditinjau dari masa kerja.
Jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60
guru sekolah dasar kelas V se Kecamatan Depok. Sampel berjumlah 52 orang yang
diambil secara acak atau random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik baik
deskriptif maupun inferensial menggunakan analisis uji-t dan uji analisis varians. Statistik
deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru dalam
mengembangkan RPP. Sedangkan statistic inferensial digunakan untuk mengetahui
perbedaan tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan RPP ditinjau dari jenjang
pendidikan dan masa kerja.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1
) Tingkat kemampuan guru
dalam mengembangkan RPP mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT
Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Sleman tergolong cukup mampu. 2
) Ada
perbedaan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP mata pelajaran IPA kelas V
sekolah dasar di UPT Pelayanan Kecamatan Depok Sleman ditinjau dari jenjang
pendidikannya. 3
) Tidak ada perbedaan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP
mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan
Depok Sleman ditinjau dari masa kerjanya.Liya Atika Anggrasari2012-10-05T02:15:00Z2019-01-29T16:49:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6499This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64992012-10-05T02:15:00ZPEMANFAATAN KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MEMBANGUN
KARAKTER ANAK TK &PLAYGROUP KREATIF PRIMAGAMA
YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat kegiatan outbounddalam
membangun karakter anak Taman Kanak-Kanak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa TK dan Play Group Kreatif Primagama kelas B. Objek penelitian ini berupa
karakter anak dalam melakukan kegiatan outbound. Data yang diperoleh pada
penelitian ini melaluiobservasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK
dan Play Group Kreatif Primagama Jalan Dewi Sartika No. 22, Sagan, Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outbound dapat membangun
karakter anak. Permainan outbound yang dilakukan yaitu tracking, road to race, beam,
burma bridge air, stick ball, menangkap ikan, water transfer, jembatan gantung, spider
whel, two-line bridge, burma bridge darat, dan holla hup. Permainan-permainan tersebut
dapat membangun sikap kerja sama, keaktifan, keberanian, kepemimpinan dan
kejujuran anak. Dari 18 anak yang diteliti, ke 18 anak dapat melakukan kerja sama, aktif
dan jujur. Sedangkan 17 anak bersikap berani dan dapat menjadi pemimpin dalam
melakukan permainan outbound.Tri Pujiati2012-10-05T02:14:58Z2019-01-29T16:49:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6500This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65002012-10-05T02:14:58ZPENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI
DI SD NEGERI 1 DEMANGAN YOGYAKARTAPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media komik
pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VI SD dengan materi “sejarah proklamasi
kemerdekaan Indonesia” yang memenuhi kriteria standar baik pada aspek isi,
pembelajaran, tampilan, dan motivasi.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan
(research and
development
)
. Sebelum produk media komik pembelajaran diuji coba, media divalidasi
oleh 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli media. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah
38 orang yang terdiri dari 3 orang siswa untuk uji coba lapangan awal, 10 orang siswa
untuk uji coba lapangan utama, 25 orang siswa untuk uji coba lapangan operasional.
Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 1 Demangan Yogyakarta.
Pengembangan media komik pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan,
yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli,
uji coba lapangan, dan revisi. Proses pengembangan mengacu pada pedoman
penelitian menurut Borg & Gall. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah angket validasi ahli, angket penilaian uji coba produk, pedoman wawancara, dan
lembar pengamatan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa semua aspek dalam
produk media komik pembelajaran yang dikembangkan baik. Hasil validasi ahli materi
menunjukan bahwa aspek isi masuk kategori baik dengan rerata 3,78 dan aspek
pembelajaran masuk kategori baik dengan rerata 3,8. Hasil validasi ahli media
menunjukan bahwa aspek aspek fisik komik masuk kategori baik dengan rerata 4,17
serta aspek desain dan warna masuk kategori sangat baik dengan rerata 4,39. Hasil uji
coba lapangan operasional menunjukan bahwa aspek isi masuk kategori baik dengan
3,70, aspek pembelajaran masuk kategori baik dengan 3,98, aspek tampilan masuk
kategori baik dengan 3,59, sedangkan aspek motivasi masuk kategori baik dengan 3,81.
Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka media komik pembelajaran untuk mata
pelajaran IPS kelas VI SD dengan materi “sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia”
yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alternatife sumber
belajar siswa kelas VI SD.Nurva Kurniawan2012-10-05T02:14:57Z2019-01-29T16:49:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6501This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65012012-10-05T02:14:57ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (
IPS
)
MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII
SMP NEGERI I KALIKOTES KLATENPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran
mata pelajaran IPS bagi kelas VII sebagai sumber belajar yang layak digunakan dalam
kegiatan belajar baik secara individu maupun kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development
).
Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu:
penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji
coba lapangan dan revisi. Setelah analisis kebutuhan diterjemahkan ke dalam desain
kemudian dihasilkan produk awal untuk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media.
Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba
lapangan terbatas
(3 siswa
), uji coba lapangan lebih luas
(
6 siswa
), dan uji coba
operasional
(20 siswa
). Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N I
Kalikotes Klaten. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba
kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia
pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Geografi bagi siswa kelas VII SMP dengan
materi “Gejala Atmosfer” sudah tervalidasi secara konsep dan empiris memenuhi
kriteria. Segi pembelajaran diperoleh skor 4,21
(kriteria baik), segi isi diperoleh skor 4,24
(kriteria sangat baik), dan segi tampilan diperoleh skor 4,28
(kriteria sangat baik).
Produk multimedia pembelajaran IPS ini memiliki fitur sebagai berikut: tampilan
menggunakan gambar diam dan gerak, gambar
(
figur)
dan background dibuat kontras,
font menggunakan bentuk Calibri, konsistensi tombol navigasi, menggunakan aspek
animasi. Dari hasil uji konseptual dan empiris yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
multimedia pembelajaran mata pelajaran IPS Untuk Kelas VII SMP dengan materi
“Gejala Atmosfer” sudah layak digunakan oleh siswa SMP Kelas VII sebagai salah satu
sumber belajar alternatif bagi siswa untuk mempermudah pemahaman materi .Septian Dwi Cahya2012-10-05T02:14:55Z2019-01-29T16:49:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6502This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65022012-10-05T02:14:55ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS MATERI BENTUK-BENTUK MUKA BUMI UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 SEYEGAN KELAS VIIPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran
interaktif yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPS SMP kelas VII dengan materi
“Bentuk-bentuk Muka Bumi” ditinjau dari aspek kualitas tampilan pada stimulan
pembelajaran, aspek penyajian materi, dan aspek motivasi belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan
(research and development
)
Borg & Gall. Pengembangan media
pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian pendahuluan dan
pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, mengembangkan bentuk produk
awal, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Produk awal yang dikembangkan
kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media
(validasi konsep
). Selanjutnya
dilakukan ujicoba empirik kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba perseorangan
(one to one
)
melibatkan 3 siswa, uji coba kelompok kecil
(small group evaluation
)
melibatkan 6 siswa, dan uji coba lapangan
(field trial
) melibatkan 22 siswa. Subyek uji
coba produk adalah siswa SMP Muhammdiyah 1 Seyegan kelas VII. Data dikumpulkan
melalui angket. Analisis data hasil penelitian pengembangan ini menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan berupa produk multimedia pembelajaran
interaktif terdiri dari 1 kepingan Compact Disc berserta cover dan terdiri dari elemen
teks, gambar, suara, animasi, video yang menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran
interaktif pada mata pelajaran IPS bagi siswa SMP kelas VII dengan materi “Bentukbentuk
Muka
Bumi”
sudah
memenuhi
kriteria.
Berdasarkan
hasil
validasi ahli materi dari
aspek pembelajaran dan isi diambil skor 3,50 dengan kriteria sangat baik, dan hasil
validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan diambil skor 3,53 dengan
kriteria sangat baik dan aspek pemrograman diambil skor 3,83 termasuk dalam kategori
sangat baik. Hasil uji coba lapangan terhadap aspek kualitas tampilan pada stimulan
pembelajaran, aspek penyajian materi, dan aspek motivasi belajar jumlah keseluruhan
dari tiga aspek tersebut diambil skor 3,78 termasuk dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan penilaian tersebut, maka multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran
IPS materi “Bentuk-bentuk Muka Bumi” untuk siswa SMP kelas VII sudah layak
digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.Gama Pratama2012-10-05T02:14:53Z2019-01-29T16:49:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6503This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65032012-10-05T02:14:53ZEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN PENDIDIKAN TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film kartun pendidikan terhadap pengenalan kosakata dasar bahasa inggris pada siswa TK.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK B Islamic Centre Guppi Sleman yang berjumlah 30 siswa, dimana 15 siswa B1 sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa B2 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah instrument test obyektif pilihan ganda (Multiple choice) dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi (content validity), validitas butir instrument diuji dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas intrumen diuji dengan menggunakan rumus KR-20. Untuk analisis data digunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film kartun berpengaruh terhadap pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris secara signifikan. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 53,33 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,67 dengan hasil uji-t. Hasil nilai kelompok kontrol diperoleh rata-rata pre-test sebesar 54,67 dan nilai rata-rata post-test sebesar 66,67 dengan hasil uji-t. Sehingga dapat terlihat jelas rata-rata pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, penggunaan media film kartun pendidikan memiliki efektivitas yang tinggi dari pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan buku teks dalam pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film kartun berpengaruh dalam pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris siswa TK secara signifikan.
Evy Nur Rochmah2012-10-05T02:14:07Z2019-01-29T16:49:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6495This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64952012-10-05T02:14:07ZPENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA OPERASI HITUNG
BILANGAN KELAS I SDN KARANGANYAR 02 CILACAP
MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA
TIMBANGAN MATEMATISPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi
operasi hitung bilangan kelas I SDN Karanganyar 02 Cilacap melalui penggunaan alat
peraga timbangan matematis.
Penelitian ini merupakan Classroom Action Research
(CAR
) atau biasa dikenal
dengan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN
Karanganyar 02 Cilacap yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode tes. Uji validitas instrumen tes pemahaman dilakukan dengan uji content validity
atau validitas isi oleh expert judgement. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman
siswa digunakan teknik analisis table prestasi belajar siswa. Sedangkan keberhasilan
penelitian dapat dilihat dari ketercapaian KKM atau persentase daya serap klasikal, dan
persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai _ 60.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga
timbangan matematis dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung
bilangan kelas I SDN Karanganyar 02 Cilacap. Peningkatan pemahaman siswa terlihat
dari peningkatan prestasi belajar siswa, diantaranya
(1
) rata-rata kelas pada siklus
pertama 69 meningkat menjadi 82,2 pada siklus kedua,
(2
) nilai tertinggi pada siklus
pertama 90 meningkat menjadi 100 di siklus kedua,
(3
) nilai terendah siklus pertama 40
meningkat menjadi 60 di siklus kedua. Penelitian tindakan ini dapat dikatakan berhasil
dengan tercapainya kriteria keberhasilan penelitian, yakni daya serap klasikal mencapai
91,7% dari target minimal 75%, dan semua siswa
(100%
) telah memperoleh nilai _ 60.Singgih Subiyantoro2012-10-04T08:32:08Z2019-01-29T16:49:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6494This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64942012-10-04T08:32:08ZPENGEMBANGAN MEDIA PAPAN GAMBAR SERI UNTUK
MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK TK
KELOMPOK APenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media papan gambar seri
yang menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas untuk
menstimulasi kemampuan berbicara anak TK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan
prosedur langkah-langkah dari Borg and Gall. Langkah pertama yaitu studi pendahuluan
yaitu analisis kebutuhan pembelajaran. Tahap yang kedua merencanakan dan
menyusun rancangan produk yang akan dikembangkan. Tahap ketiga pengembangan
media dan menyusun instrumen. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian
untuk ahli dan lembar observasi untuk anak. Setelah melalui tahap pembuatan media
dan divalidasi oleh ahli, selanjutnya media diujicobakan kepada anak kelompok A. Uji
coba ini melalui tiga tahap yaitu uji cobangan lapangan awal dengan 3 subyek, uji coba
lapangan utama 15 subyek, dan uji coba lapangan opersional 30 subyek. Uji coba pada
penelitian ini dilakukan di TK ABA Taruna Minomartani, Depok, Sleman. Data yang
diperoleh pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara, serta
data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis isi.
Hasil pengembangan berupa media papan gambar seri yang menarik dan dapat
digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media papan gambar seri pada uji ahli media dan
ahli materi dinilai layak. Pada uji coba lapangan awal media ini dinilai layak. Pada uji
coba lapangan utama media ini dinilai layak
(
90,3%
) dan pada saat uji coba lapangan
operasional dinilai layak
(94,3%
). Pada aspek kemampuan berbicara anak sebelum
menggunakan media dinilai cukup baik dengan skor
(77%
) dan setelah menggunakan
media papan gambar seri kemampuan berbicara anak mengalami perubahan yaitu pada
uji coba lapangan utama kemampuan berbicara anak dinilai baik
(85,5%
) dan pada saat
uji coba lapangan operasional kemampuan berbicara dinilai baik
(93,7%
). Hasil
penelitian menunjukan bahwa media papan gambar seri sudah layak sebagai media
pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak TK kelas A.Charirotun Ni'mah2012-10-04T08:32:05Z2019-01-29T16:49:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6493This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64932012-10-04T08:32:05ZPENGAMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA JURUSAN OTOMOTIF KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH I PLAYENABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran Teknik
Dasar Otomotif
(
TDO
) kelas X SMK Jurusan Otomotif semester I dengan materi “Sistem
pada Komponen Mesin 4 Langkah” yang tervalidasi ditinjau dari aspek isi/materi, aspek
pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek pemrograman.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan
(research and
development
)
. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 44 orang yang terdiri dari 4
orang siswa untuk uji coba satu lawan satu, 10 orang siswa untuk uji coba kelompok
kecil, dan 30 orang siswa untuk uji coba lapangan. Siswa yang menjadi subjek penelitian
adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Data
dikumpulkan dengan instrumen angket
(kuesioner). Hasil dari pengumpulan data
tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berbentuk CD Interaktif yang
dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar pada mata pelajaran
TDO kelas X SMK jurusan otomotif. Deskripsi CD interaktif yang dihasilkan berisi materimateri
tentang
komponen
yang
terdapat
pada
system mesin 4 langkah dengan animasi
dan gambar untuk menjelaskan isi materi dan disertai soal-soal evaluasi . Hasil
penelitian pengembangan menunjukan sudah memenuhi kriteria standar aspek
pembelajaran mendapat rata-rata skor 3,9 dengan kriteria “baik”, aspek materi/isi
mendapat rata-rata skor 4,1 dengan criteria “baik”, aspek tampilan mendapat rata-rata
skor 4,2 dengan kriteria “sangat baik”, dan aspek pemrograman mendapat rata-rata skor
4,42 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, dari hasil uji coba lapangan yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran TDO kelas
X SMK jurusan otomotif dengan materi “Sistem pada Komponen Mesin 4 Langkah”
sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Isti Juhari2012-10-04T07:48:43Z2019-01-29T16:50:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6524This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65242012-10-04T07:48:43ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS
VIII DI SMP NEGERI 2 PRACIMANTORO WONOGIRIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran berbasis video terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA
kelas VIII di SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya
menggunakan Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah
semua siswa kelas VIII di SMP N 2 Pracimantoro dari kelas VIII A sampai VIII E. Sampel
penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B
sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu metode tes objektif pilihan
ganda
(Multiple Choice
)
. Teknik analisis data yang digunakan adalah perbandingan ratarata
gain
dari
nilai
Pretest
dan
Posttest
kelompok
kontrol
dan
kelompok
eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Pracimantoro. Hal ini terbukti
setelah dilakukan pembelajaran pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
sebanyak tiga materi, kemudian diambil nilai Pretest Posttest-nya dan dibandingkan
rata-rata gain-nya. Untuk materi Gaya dan Berat, rata-rata gain kelompok eksperimen
lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut 0,21. Pada materi Energi, rata-rata
gain kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut
0,19. Pada materi yang ketiga yaitu Tekanan Zat Cair, rata-rata gain kelompok
eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,18. Dengan demikian,
penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pracimantoro ini memperoleh kesimpulan
yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis video berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP
Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri.Isti Mulyani2012-10-04T07:48:36Z2019-01-29T16:50:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6525This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65252012-10-04T07:48:36ZPENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MATA PELAJARAN
IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN JENIS HEWAN
BERDASARKAN MAKANAN UNTUK
SISWA TUNARUNGU KELAS IV
SDLB NEGERI SLAWIPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flip chart
untuk mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan jenis hewan berdasarkan jenis
makanan untuk siswa tunarungu kelas IV sekolah dasar. Media flip chart yang
diharapkan dapat menarik perhatian siswa dan media tersebut dapat dimanfaatkan dan
digunakan oleh siswa tunarungu ringan dan tunarungu sedang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Analisis data
yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu mencari potensi dan masalah, mengumpulkan
nformasi, mendesain produk, validasi desain oleh ahli, perbaikan desain, uji coba
produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Ahli uji media mendapatkan
skor 28 dengan persentase 70%, hasil ahli materi mendapat skor 36 dengan persentase
90%, hasil uji coba 1 mendapat skor 71 dengan persentase 88,75%, hasil uji coba 2
mendapat skor 174 dengan persentase 87% uji coba 3 mendapat skor 367 dengan
persentase 91,75%.
Hasil pengembangan media flip chart setelah melalui uji ahli media dan ahli
materi berupa lembaran berjumlah 8 dengan menggunakan kertas banner dengan
ukuran 208 x 140 cm. Media pembelajaran flip chart menyajikan materi tentang
penggolongan jenis hewan berdasarkan pada jenis makanannya, yang dilengkapi
dengan gambar hewan dengan maksud membantu memperjelas materi pembelajaran
dan memberikan gambaran yang konkrit untuk membantu siswa dalam memahami
enis-jenis hewan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flip chart dapat
dimanfaatkan dan digunakan dalam pembelajaran IPA sub pokok bahasan
penggolongan jenis hewan berdasarkan makanan untuk siswa SD kelas IV tunarungu.Silvia Dinda Ramadhita2012-10-04T07:48:31Z2019-01-29T16:50:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6526This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65262012-10-04T07:48:31ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA
PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2
PEDESPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif untuk
mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes yang dapat
digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SD kelas IV.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and
development
)
. Responden penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes.
Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari 6 orang siswa uji
coba individu, 14 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan 20 orang siswa uji coba
lapangan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Instrumen yang digunakan
dalam pengembangan data adalah lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi,
lembar observasi dan kuesioner untuk siswa SD. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan multimedia
interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes
dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan
produk, uji lapangan, dan diseminasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dari aspek
pembelajaran termasuk dalam kategori layak
(rerata 4,06
), dan hasil validasi ahli media
menunjukkan bahwa aspek tampilan dan aspek pemrograman termasuk dalam kategori
sangat layak
(rerata 4,78
). Hasil uji coba lapangan terhadap aspek kualitas tampilan
pada stimulan pembelajaran dan aspek penyajian materi jumlah skor 1224
(rerata 4,37
)
termasuk dalam kategori sangat layak.
Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa:
(
1
) produk pengembangan multimedia
interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Pedes
ditinjau dari aspek kualitas tampilan pada stimulan pembelajaran efektif untuk digunakan
karena dilihat dari segi tampilan program layak digunakan.
(2
)
pengembangan
multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri
2 Pedes ditinjau dari aspek penyajian materi layak digunakan sebagai sumber belajar.Lestiani Berti Nugraheni2012-10-04T07:48:27Z2019-01-29T16:50:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6527This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65272012-10-04T07:48:27ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN
SEJARAH POKOK BAHASAN KEHIDUPAN PADA MASA
PRA AKSARA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS
VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 5 DEPOKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran
mata pelajaran Sejarah untuk kelas VII sebagai sumber belajar yang layak digunakan
dalam kegiatan belajar baik secara individu maupun kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development
).
Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu:
penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji
coba lapangan dan revisi. Setelah analisis kebutuhan diterjemahkan ke dalam desain
kemudian dihasilkan produk awal untuk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media.
Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba
lapangan terbatas
(3 siswa
), uji coba lapangan lebih luas
(10 siswa
), dan uji coba
operasional
(27 siswa
). Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 5 Depok Sleman, Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi
saat uji coba kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia
pembelajaran untuk mata pelajaran Sejarah bagi siswa kelas VII SMP dengan materi
“Kehidupan Pada Masa Pra Aksara Di Indonesia” sudah memenuhi criteria dari segi
tampilan dengan skor 3,87 dengan kriteria baik, segi isi dengan skor 4,04 dengan
kriteria baik. Dengan demikian, dari hasil uji coba lapangan yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa multimedia Interaktif mata pelajaran Sejarah Untuk Kelas VII SMP
dengan materi “Kehidupan Pada Masa Praaksara Di Indonesia” sudah layak digunakan
oleh siswa SMP Kelas IV sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun
kelompok.Danang Dwi Nugroho2012-10-04T03:29:57Z2019-01-29T16:50:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6508This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65082012-10-04T03:29:57ZPENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO DENGAN JUDUL “DAMPAK ERUPSI
GUNUNG BERAPI” UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media CD audio untuk
menambahkan salah satu sumber belajar pada pokok bahasan peristiwa alam pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 5 Sekolah Dasar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada
pengembangan Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah pengkaji media dari
BPMR, dan siswa tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan
data adalah pengamatan langsung, wawancara, dan angket. Adapun metode yang
digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media CD audio yang dilaksanakan di SD N Sarikarya
adalah sebagai berikut: Dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, media CD
audio mendapatkan jumlah nilai 7 dengan kategori kelayakan 100%. Saran yang
diberikan oleh ahli materi adalah agar memperlambat ritme percakapan sehingga siswa
mudah memahami materi yang ada di dalam media CD audio. Berdasarkan hasil
penilaian dari ahli media ini, CD Audio pembelajaran ini memperoleh hasil 82,5% masuk
kategori sangat layak untuk dikembangkan. Penilaian ahli media dari aspek isi
mendapatkan jumlah nilai 21, dengan presentase 87,5%, termasuk dalam kategori
sangat layak. Kemudian untuk aspek media mendapat jumlah nilai 13 dengan
presentase 81,25% termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil ujicoba kelompok kecil
secara keseluruhan didapat jumlah nilai 32 dengan presentase 72,7% termasuk dalam
kategori layak. Dari hasil penilaian uji coba kelompok kecil, aspek isi mendapatkan
persentase 83,3% yang masuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran
mendapatkan persentase 75% dan aspek isi mendapatkan persentase 66,7% yang
semuanya masuk dalam kategori layak. Hasil ujicoba kelompok besar secara
keseluruhan didapat jumlah nilai 32 dengan presentase 71,3% termasuk dalam kategori
layak. Dari hasil penilaian uji coba kelompok besar, aspek isi mendapatkan persentase
73% yang masuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran mendapatkan
persentase 79,5% dan aspek isi mendapatkan persentase 66,7% yang semuanya
masuk dalam kategori layak. Hasil ujicoba lapangan secara keseluruhan didapat jumlah
nilai 271 dengan presentase 87,9% termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil
penilaian uji coba lapangan per aspek, aspek isi mendapatkan persentase 89,2% yang
termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran mendapatkan
persentase 89,2% dan aspek isi mendapatkan persentase 86,9% yang semuanya
masuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta
tahap uji coba yang dilakukan, maka media CD audio ini layak digunakan untuk
memudahkan peserta didik memahami materi.Ariyo Priatmojo2012-10-04T03:29:55Z2019-01-29T16:50:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6509This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65092012-10-04T03:29:55ZPEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MENULIS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS
SISWA KELAS VIII SMP N 1 SAMIGALUH TA 2010/2011Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas
VIII SMP yang memanfaatkan media audio visual dengan siswa yang memanfaatkan
media audio pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Samigaluh Kulon Progo.
Teknik Pengambilan Sampel dengan teknik random sampling, Kelas VIII A dipilih
sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII C dipilih sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes
untuk penelitian sebanyak 20 soal telah diujicobakan terlebih dahulu yang sebelumnya
melalui tahap validasi. Eksperimen dilakukan dengan tahap memberikan pretest pada
kedua kelas diikuti dengan pembelajaran, kelas Eksperimen diberikan perlakuaan
dengan memanfaatkan Media Audio Visual sedangkan kelas Kontrol diberi perlakuan
dengan memanfaatkan Media Audio. Tahap pelaksanaan penelitian diakhiri dengan
pemberian posttest pada kelas Kontrol maupun Eksperimen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Media Audio Visual terbukti
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa lebih tinggi daripada pemanfaatan Media
Audio.Kelas Eksperimen memilik rata-rata sebesar 5,8444 dan kelas kontrol memiliki
rata-rata 4,9531. Hasil uji t diperoleh Thitung<Ttabel sehingga dapat dikatakan kedua
kelas memiliki rata rata yang berbeda.F. Yuli Riyanto2012-10-04T02:52:04Z2019-01-29T16:49:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6504This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65042012-10-04T02:52:04ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPS
KELAS IV SD NEGERI KARANGWUNIPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk software multimedia yang
layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV di Sekolah Dasar
Negeri Karangwuni. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk
software multimedia Pembelajaran interaktif IPS dalam bentuk compact disk
(CD
) yang:
(1
) layak dan,
(2
) dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development
).
Responden atau subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah 30 siswa
kelas IV SD, yang terdiri dari 3 siswa pada uji coba satu-satu, 7 siswa pada uji coba
kelompok kecil, dan 20 siswa pada uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini adalah data validasi ahli media dan ahli materi dan data hasil uji coba
produk, serta data perbandingan nilai pre-test dan post-test. Instrument pengumpulan
data berupa angket dan test. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas hasil penilaian
multimedia pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi media
dari ahli materi menunjukan skor rata-rata 4,52 yang termasuk dalam kategori “Sangat
Baik”, hasil validasi media dari ahli media mendapat skor ratarata 4,31 yang termasuk
dalam kategori ‘Sangat Baik”, dan untuk data hasil uji coba produk pada siswa kelas IV
mendapat perolehan skor untuk uji coba satusatu memperoleh skor 4,41, kemudian
pada tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor penilaian sebesar 4,54 dan pada
tahap akhir uji coba lapangan mendapat skor penilaian sebesar 4,57 yang termasuk
dalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS
ini menunjukan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar IPS siswa berdasarkan
acuan standar KKM yang ditentukan, dimana hasil dari pre-test sebesar 83,4%
meningkat menjadi 96% pada hasil post-test-nya setelah menggunakan multimedia
pembelajaran yang dikembangkan. Hasil tersebut menunjukan bahwa produk hasil
pengembangan multimedia pembelajaran IPS ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran untuk mendukung dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar.Neny Triana Wulandari2012-09-28T09:28:17Z2019-01-29T16:45:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6363This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63632012-09-28T09:28:17ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
KELAS VIID SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika
melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share
sehingga prestasi belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten
dapat meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno
Klaten yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengamatan secara langsung untuk mengetahui proses dan aktivitas pembelajaran
melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share.
Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan/ respon siswa terhadap proses
pembelajaran yang dilaksanakan, wawancara untuk hal-hal yang tidak dapat atau
kurang jelas diamati pada saat pengamatan berlangsung meliputi kesesuaian
metode Think-Pair-Share dengan karakteristik siswa, kendala yang dihadapi
dalam penggunaan metode Think-Pair-Share, saran dalam menggunakan metode
Think-Pair-Share selanjutnya. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat
pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dokumentasi untuk
memberikan gambaran secara konkret mengenai aktivitas belajar siswa serta
memperkuat data yang diperoleh dalam pengamatan/ observasi. Penelitian ini
merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara
kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bekerjasama atau berkolaborasi dengan salah
satu guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode
Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas
belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten.
Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh data bahwa untuk pertemuan I rata-rata
aktivitas siswa sebesar 57% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk Pertemuan
II rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 79.63% dengan kategori sangat
tinggi. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 60,75 menjadi 86,94. Respon
siswa terhadap penyampaian materi sebesar 82,98 % dengan kriteria sangat tinggi,
respon siswa terhadap kerja kelompok secara berpasangan sebesar 60,87% dengan
kriteria tinggi, respon siswa terhadap kegiatan presentasi hasil kerja kelompok
secara berpasangan sebesar 59,49 % dengan kriteria tinggi, sedangkan respon
siswa terhadap mengerjakan soal dan tugas sebesar 60,87 % dengan kriteria
tinggi. Tri Wibowo2012-09-28T09:28:11Z2019-01-29T16:45:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6361This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63612012-09-28T09:28:11ZMENGEMBANGKAN NILAI KEJUJURAN MENGGUNAKAN MEDIA
BUKU CERITA BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELOMPOK TPA AL-MUNNAWAR
KAMPUNG KUNINGAN SLEMAN YOGYAKARTATujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan nilai kejujuran
dengan menggunakan media buku cerita bergambar melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada kelompok TPA Al-Munawwar kampung Kuningan
Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kelas yang terdiri dari 3 fase yaitu
fase persiapan, fase mengajar, dan fase mendiskusikan hasil observasi. Adapun
subjek penelitian adalah santriwan/santriwati umur 9 sampai 11 sebanyak 12 anak
di TPA Al-Munawwar. Penelitian kelas ini dilaksanakan dalam dua putaran.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi kegiatan pembelajaran
Kooperatif STAD, observasi aktivitas kejujuran siswa di sekolah dan di rumah,
serta wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran
kooperatif tipe STAD menggunakan buku cerita bergambar terbukti efektif,
terlihat adanya perubahan persentase jumlah komponen kegiatan pembelajaran
semua kelompok. Putaran I rata-rata jumlah persentasenya sebesar 75,75%,
kemudian putaran II mengalami peningkatan sebesar 14% sehingga jumlahnya
mencapai 89,75%. Sedangkan pada nilai kejujuran siswa TPA Al-Munawwar
mengalami perubahan skor dari hasil pengisian angket sebelum penelitian
(
awal
)
hanya sebesar 896 dengan rata-rata persentasenya sebesar 74,67% berada pada
kriteria tinggi; sedangkan untuk putaran I memperoleh skor sebesar 1011 dengan
rata-rata persentasenya sebesar 84,25% dan putaran II memperoleh skor sebesar
1055 dengan rata-rata persentasenya sebesar 87,91% berada pada kriteria sangat
tinggi. Hasil pengisian angket kejujuran kemudian diverifikasi dengan hasil
observasi di sekolah yang mencapai 74,79% dan hasil observasi di rumah sebesar
88,55%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa keseluruhan siswa mempunyai
kejujuran yang tinggi.Reza Rosita Fatmala2012-09-28T09:28:07Z2019-01-29T16:45:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6360This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63602012-09-28T09:28:07ZPENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP
MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN, YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment)
dengan variabel terikat minat belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I
Godean, Yogyakarta, dan variabel bebasnya yaitu multimedia interaktif. Desain
penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta yang
berjumlah 64 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VIII C dengan jumlah 32
siswa sebagai kelompok kontrol, dan kelas VIII D dengan jumlah 32 siswa
sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
instrumen berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji-t, uji persyaratan analisis, analisis rentang skor dan tahap
pengujian hipotesis. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan
homogenitas dan analisis rentang skor untuk menentukan kriteria minat belajar
siswa dengan melihat perbedaan hasil minat belajar siswa pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Sedangkan, uji hipotesis
yaitu dengan melihat perbedaan hasil minat belajar siswa pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan pada taraf signifikasi 5%
(alpha=0,05).
Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh penggunaan multimedia
interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas
VIII SMP Muhammadiyah 1 Godean, Yogyakarta. Dapat dibuktikan dari hasil uji
t, dimana t
hitung
= 2,919, sig 0,005 untuk N=62, t
= 1,669. Dengan demikian,
t
hitung
> t
tabel
tabel
yaitu 2,919 > 1,669, dan nilai sig < (0,05) yaitu 0,005 < 0,05.
Raditya Nuzul Pradana2012-09-27T08:35:39Z2019-01-29T16:45:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6358This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63582012-09-27T08:35:39ZPENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal
peserta didik dalam aspek kemampuan kerjasama pada mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta melalui penggunaan
model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara
kolaboratif yaitu kerjasama pendidik dan peneliti untuk meningkatkan kecerdasan
interpersonal peserta didik menggunakan model pembelajaran SAVI. Setting
penelitian mengambil tempat di SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta yang
berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data diperoleh dari hasil observasi
pelaksanaan pembelajaran, observasi kecerdasan interpersonal, wawancara
terhadap peserta didik dan guru serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa
analisis data kuantitatif deskriptif dan persentase.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dapat meningkatkan kecerdasan
interpersonal khususnya aspek kemampuan kerjasama peserta didik kelas VIII
SMP Institut Indonesia Yogyakarta pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Sebelum tindakan, persentase kemampuan kerjasama peserta didik memiliki
kategori cukup sebesar 42,29% dengan skor rata-rata 10,15. Setelah dilakukan
tindakan pada kegiatan I, maka kemampuan kerjasama peserta didik meningkat
dengan persentase sebesar 48,48% dengan skor rata-rata 11,63. Penelitian
dilanjutkan dengan melakukan tindakan pada kegiatan II dan memperoleh hasil
persentase kemampuan kerjasama sebesar 55,30% dengan skor rata-rata 13,27.
Hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa peserta didik dan guru
menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan model
pembelajaran SAVI diminati oleh peserta didik dan dapat meningkatkan
kecerdasan interpersonal pada aspek kemampuan kerjasama.
Fauzan Ali Muzakki2012-09-27T08:35:30Z2019-01-29T16:44:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6342This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63422012-09-27T08:35:30ZPENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KARTU BERGAMBAR
KEBUDAYAAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA
PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV
SDNPERUMNAS CONDONGCATUR
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa pada
siswa kelas IV SDN Perumnas Condongcatur menggunakan media KAGAYA.
Minat yang diamati meliputi 4 aspek yaitu perhatian, ketertarikan, rasa senang,
dan aktivitas terhadap mata pelajarn IPS.
Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Perumnas
Condongcatur Sleman dengan jumlah 75 siswa. Sampel penelitian diambil dengan
teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang terbagi dalam
dua kelas yaitu satu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan satu kelas IVB sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 25 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
minat belajar IPS siswa. Sebelumnya angket minat belajar IPS siswa diuji
cobakan terlebih dahulu kepada responden yang bukan kelompok eksperimen dan
kontrol. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian
adalah statistik deskriptif dan uji beda (t-test).
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan minat belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan
kelas kontrol sesudah menggunakan media kartu bergambar kebudayaan. Hal
tersebut dibuktikan dengan hasil t-hitung sebesar 22.904 lebih besar dengan hasil
t-tabel yaitu 1,699.Sedangkan perolehan rerata postest nilai minat kelas
eksperimen sebesar 82,75 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 52,17. Dengan
demikian pemanfaatan media KAGAYA memberikan pengaruh positif terhadap
minat belajar siswa.
Kristiani