Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:54:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:34:06Z2019-01-29T17:22:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8091This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80912015-03-20T03:34:06ZEVALUASI PELAKSANAAN DIKLAT MANAJERIAL BASIC
EDUCATION CAPASITY TRUST FUND (BEC-TF) BAGI KEPALA
SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan tentang
pelaksanaan program diklat manajerial BEC-TF bagi kepala sekolah dasar se
Kabupaten Kulon Progo tahun 2011.
Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif.
Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo pada bulan April sampai bulan
Juni 2012. Subyek penelitian ini terdiri dari 64 kepala sekolah dasar se kabupaten
Kulon Progo, 7 Narasumber dari UNY dan 6 panitia pendamping. Berdasarkan
tujuan, penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan
yaitu model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam & Shienkfield yang
terdiri dari conteks, input, process dan output. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, angket tertutup dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis
data adalah dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian mengenai evaluasi program diklat manajerial BEC-TF
bagi kepala sekolah dasar se Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012 adalah sebagai
berikut: (1) Conteks, tujuan program dengan kebutuhan peserta diklat saling
berkaitan sehingga diklat manajerial dapat menfokuskan pada topik materi yang
sedang dibutuhkan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala
sekolah. (2) Inputs, sangat baik dari segi ketersediaan narasumber berdasarkan
kualifikasinya; cukup baik sebesar 61,32% dari segi pelayanan umum
(asrama,menu makan, fasilitas kesehatan dan olah raga) yang diberikan panitia;
sangat baik sebesar 84,56% dari segi kesiapan narasumber dalam proses belajar
mengajar; baik sebesar 69,92% dari segi kesiapan peserta selama mengikuti
diklat. (3) Process, baik sebesar 76,77% dari segi sikap dan perilaku (keaktivan)
peserta selama PBM; baik sebesar 77,32% dari segi kompetensi narasumber,
pendayagunaan sarana prasarana dalam menciptakan kondisi yang kondusif dan
pendapat peserta tentang program diklat manajerial BEC-TF bagi kepala sekolah
dasar se Kabupaten Kulon Progo. (4) Output, menunjukan bahwa hasil ujian akhir
diperoleh melalui nilai pos-tes. Peserta mendapatkan nilai pre-tes 78 dan pos-tes
88. Sehingga diketahui adanya peningkatan nilai pos-tes dari nilai pre-tes sebesar
12,82%. Sehingga menunjukan bahwa peserta diklat telah memahami materi yang
diberikan narasumber dengan baik.Utami Juliani Ken kenutami_yayoimut@yahoo.co.id 2012-06-20T02:52:38Z2012-07-23T03:33:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/134This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1342012-06-20T02:52:38ZMacam-Macam Metode PembelajaranMetodolgi mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. riana Riris2012-06-19T07:38:21Z2012-06-19T07:38:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/312012-06-19T07:38:21Zmetodologi terapansugiyono giyono