Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:40:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-23T08:47:44Z2015-10-23T08:47:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27476This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/274762015-10-23T08:47:44ZProceeding International Conference on Education and Leadership in Glocalization: What does “think globally, act locally” mean for education around the world? (ELGIC 2014)Mahendra Adhi Nugrohomahendra@uny.ac.id2015-04-29T00:39:00Z2019-01-29T21:47:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17684This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/176842015-04-29T00:39:00ZPengaruh Ukuran Perusahaan,Profitabilitas Perusahaan,Ukuran Auditor,Dan Opini Audit terhadap Audit Delay(Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011Arifatun S.Arifatun P2015-04-23T00:15:47Z2019-01-29T21:34:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17334This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/173342015-04-23T00:15:47ZPENGARUH SIFAT MACHIAVELLIAN DAN PERKEMBANGAN MORAL TERHADAP DYSFUNCTIONAL BEHAVIOR
(STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI ANGKATAN 2011 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui pengaruh Sifat Machiavellian terhadap Dysfunctional Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta); (2) Mengetahui pengaruh Perkembangan Moral terhadap Dysfunctional Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta); (3) Mengetahui pengaruh Sifat Machiavellian dan Perkembangan Moral terhadap Dysfunctional Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta).
Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta yang diambil sebanyak 72 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sifat Machiavellian berpengaruh terhadap Dysfunctional Behavior yang ditunjukkan dengan uji t_hitung lebih besar dari t tabel (2,093 > 1,667). Adapun persamaan regresinya adalah Y1 = 14,433 + 0,007 X1; (2) Perkembangan Moral berpengaruh terhadap Dysfunctional Behavior dengan ditunjukkan dengan uji t_hitung lebih besar dari t tabel (2,108 > 1,667). Adapun persamaan regresinya adalah Y1 = 15,096 – 0,009 X2; (3) Sifat Machiavellian dan Perkembangan Moral berpengaruh terhadap Dysfunctional Behavior yang ditunjukkan dengan uji F_hitung dengan nilai 11,010 dimana nilai tersebut lebih besar dari F_tabel sebesar 3,15. Adapun persamaan regresi ganda adalah Y= 14,845 + 0,006 X1 – 0,008 X2.
Kata Kunci : Sifat Machiavellian, Perkembangan Moral, Dysfunctional BehaviorElsa Elsa Vosva Sari2015-04-22T00:43:01Z2019-01-29T21:27:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17142This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/171422015-04-22T00:43:01ZPENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL KEPERILAKUAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA YOGYAKARTAPENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL KEPERILAKUAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA YOGYAKARTA Oleh: Layli Yobapritika Putri 12812147002
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Sikap terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; (2) Pengaruh Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; (3) Pengaruh Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; dan (4) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM yang terdaftar di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 responden. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan 30 responden yang ada di dalam populasi yang bukan merupakan sampel penelitian. Uji validitas menggunakan total correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,413 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x2y) sebesar 0,452 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x3y) sebesar 0,461 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Ry(x1x2x3) sebesar 0,586 dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada level of significant (0,000 < 0,050). Kata kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta.Layli Putri Layli Yobapritika2015-04-17T00:33:38Z2019-01-29T21:14:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16798This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/167982015-04-17T00:33:38ZPENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK SMA KELAS XIPenelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran akuntansi berupa komik digital akuntansi untuk siswa SMA Kelas XI kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui i) mengembangkan komik digital berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran akuntansi untuk SMA kelas XI;ii) mengetahui kelayakan komik digital akuntansi oleh ahli media, materi dan guru akuntansi; iii) mengetahui besarnya penguatan nilai karakter siswa dalam pembelajaran akuntansi terhadap komik digital berbasis nilai karakter.
Pengembangan media dilakukan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahapdefine terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesfifikasi tujuan. Pda tahap design penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal. Pada tahapdevelop dilakukan penilaian penilaian ahli, uji pengembangan dan uji validasi yang melibatkan 1 guru SMA dan 60 siswa SMA Kelas XI. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran di SMA N 1 Rembang dan SMA Ma’arif Karanganyar.
Berdasarkan penelitian ahli media, ahli materi, guru akuntansi SMA, dan siswa kelas XI, kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan dikategorikan sangat layak dengan skor rata-rata 4,25 oleh ahli media, 4,52 oleh ahli materi dan 4,21 oleh guru. Media komik digital akuntansi berbasis nilai karakter dapat meningkatkan penguatan nilai karakter siswa dengan hasil yang bervariasi. Hasil angket nilai karakter 1 (sebelum) dan 2 (sesudah) dari siswa menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran menguatkan nilai karakter siswa. Penguatan tersebut diperoleh dari hasil analisis standar gain yaitu jujur pada uji pengembangan 0,82 dan uji validasi 0,63; mandiri pada uji pengembangan 0,65 dan uji validasi 0,67;disiplin pada uji pengembangan 0,78 dan uji validasi 1,00;kreatif pada uji pengembangan 0,10 dan uji validasi 0,87;kerjakeras pada uji pengembangan 0,29 dan uji validasi 0,64.
Kata kunci: laporan keuangan, media berbasis nilai karakter, komik digital,Siti Uji Siti Barokah2015-04-17T00:33:38Z2019-01-29T21:15:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16818This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168182015-04-17T00:33:38ZPENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN
TIME BUDGET PRESSURE BAGI AUDITOR TERHADAP
KUALITAS AUDIT
(Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kompetensi auditor terhadap kualitas audit, (2) pengaruh independensi auditor terhadap kualitas audit,(3) pengaruh time budget pressure bagi auditor terhadap kualitas audit, (4)pengaruh kompetensi, independensi, dan time budget pressure bagi auditor terhadap kualitas audit secara bersama-sama pada auditor yang bekerja pada
Kantor Akuntan Publik wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan unit analisis yang diteliti adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di wilayah DIY dengan
jumlah responden sebanyak 53 orang. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Alat uji yang
digunakan adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi auditor berpengaruh
positif terhadap kualitas audit ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,873, koefisien determinasi sebesar 0,853, dan nilai thitung sebesar 16,094. (2)
Independensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,428, koefisien determinasi sebesar 0,132,dan nilai thitung sebesar 2,787. (3) Time budget pressure bagi auditor berpengaruh negatif terhadap kualitas audit ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar -
0,259, koefisien determinasi sebesar 0,227, dan nilai thitung sebesar -3,873. (4)Kompetensi, independensi, dan time budget pressure bagi auditor secara bersamasama
berpengaruh terhadap kualitas audit ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,835 dan nilai Fhitung sebesar 88,470.
Kata kunci : Kompetensi, Independensi, Time Budget Pressure, Kualitas AuditTri Tri Maya Apriyas2015-04-17T00:33:37Z2019-01-29T21:14:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16805This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168052015-04-17T00:33:37ZPENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
PERIODE 2010-2012Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2012, (2) pengaruh Earning Per Share terhadap Harga Saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2012, (3) pengaruh Return On Equity terhadap Harga Saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2012, serta (4) pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Return On Equity secara simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2012.Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI berjumlah 135 perusahaan dan sampel yang diambil sebanyak 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Harga Saham. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung mutlak (0,435) < t-tabel (1,658) pada tingkat signifikansi 0,664 < 5% dan koefisien regresi bernilai -0,055. Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung (17,899) > t-tabel (1,658) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,730. Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung (5,925) > t-tabel (1,658) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,671. Secara bersama-sama berdasarkan uji simultan Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Return On Equity berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 117,819 > Ftabel 2,68 pada tingkat signifikansi 0,000 < 5%.
Kata kunci : Harga Saham, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Return On EquitySara Sara Hosana Doriana Nainggolan2015-04-17T00:33:37Z2019-01-29T21:14:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16807This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168072015-04-17T00:33:37ZPENENTUAN TARIF SEWA KAMAR DAN BIAYA PROMOSI
UNTUK PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN KAMAR
PADA HOTEL INNA GARUDA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Metode penentuan Tarif Sewa Kamar pada Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, (2)Strategi Tarif Sewa Kamar untuk Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, (3)Metode penentuan Biaya Promosi pada Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, dan (4)Strategi Biaya Promosi untuk
Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipergunakan untuk mengetahui besar pengaruh tarif sewa kamar dan biaya promosi terhadap
peningkatan jumlah hunian kamar adalah menggunakan metode non statistic yaitu analisis deskriptif yang melakukan pembahasan tentang data-data dan subjek penelitian. Langkah dalam analisis data dengan menggunakan reduksi data,penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Analisis ini menggunakan dua variabel bebas, yaitu tarif sewa kamar dan biaya promosi, sedangkan variabel terikat yang
digunakan yaitu, peningkatan jumlah hunian kamar.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Metode penentuan tarif sewa kamar menggunakan target harga dari perusahaan pusat PT. HIN (Hotel Indonesia Natour). Metode tersebut diperlakukan sama kepada lima jenis kamar
hotel tahun 2008-2013. Kenaikan atau penurunan dari tarif sewa kamar antara 0% hingga 27,15%. (2) Strategi tarif menyesuaikan dengan pertumbuhan pasar,kebutuhan pelanggan, dan perkembangan kualitas produk dan pelayanan. Strategi
yang digunakan adalah strategi harga dengan diskon dan jenis harga paket, dan strategi penjualan kamar yaitu, Source of Business. Tarif Sewa Kamar cukup berpengaruh terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar. (3)Metode penentuan biaya promosi dari 1,5% hingga 2% jumlah persentase pendapatan.(4)Strategi promosi untuk peningkatan jumlah hunian kamar dengan kegiatan promosi
seperti, personal selling dan sales promotion. Saluran promosi yang digunakan adalah promosi langsung dan promosi tidak langsung. Biaya promosi dan strategi
sepertinya cukup mempunyai pengaruh terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda.
Kata kunci : Tarif Sewa Kamar, Biaya Promosi, Peningkatan Jumlah Hunian
Kamar.Safitri Safitri Nirwanani2015-04-17T00:33:37Z2019-01-29T21:15:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16816This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168162015-04-17T00:33:37ZPENGARUH ORIENTASI ETIS, GENDER,
DAN PENGETAHUAN ETIKA
TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI
ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN
(Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh idealisme, relativisme dan pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, serta perbedaan persepsi antara laki-laki dengan perempuan atas perilaku tidak etis akuntan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi etis dan pengetahuan etika secara bersama-sama terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified purposive random sampling sehingga diperoleh sebanyak 155responden mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, linear berganda dan uji beda t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwai dealisme berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi-0,145 dan nilai signifikansi 0,011< 0,05. Relativisme berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,141 dan nilai signifikansi 0,006< 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam menilai perilaku tidak etis yang terjadi dengan nilai probabilitas sebesar 0,693 > 0,05. Pengetahuan etika berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi -0,118 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Secara simultan, hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh orientasi etis dan pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (5,993 > 2,66).
Kata kunci :Orientasi Etis , Gender, Pengetahuan Etika, Persepsi Mahasiswa Akuntansi atas Perilaku Tidak Etis Akuntan.Wati Revita Mardawati2015-04-17T00:33:36Z2019-01-29T21:14:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16800This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168002015-04-17T00:33:36ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATUR AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PLERET
TAHUN AJARAN 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Catur Akuntansi sebagai media pembelajaran Akuntansi untuk siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Pleret, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Catur Akuntansi untuk siswa kelas XI
IPS 2 SMA N 1 Pleret berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Akuntansi, dan 3) Mengetahui respon siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Pleret terhadap penggunaan media pembelajaran Catur Akuntansi.
Pengembangan catur akuntansi mengikuti model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), dan implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation), namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap implementasi saja dan menghasilkan produk akhir. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi yaitu guru Akuntansi kelas XI SMA. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 26 siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pleret.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian oleh ahli materi yang mendapat nilai rata-rata 4,29 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media yang mendapat nilai rata-rata 3,53 dengan kategori “Layak”, dan praktisi pembelajaran Akuntansi yang mendapat nilai rata-rata 4,13 dengan kategori “Sangat Layak”. Siswa berpendapat bahwa media menambah pemahaman tentang Akuntansi, menjadikan belajar lebih mandiri, teks dapat dibaca dengan baik, bahasa mudah dimengerti, tingkat kesulitan soal sesuai, mudah digunakan, dan dikemas dengan menarik.
Kata Kunci : Catur Akuntansi, Media Pembelajaran, ADDIENov Nova Adyatama Kurniawan2015-04-17T00:33:35Z2019-01-29T21:14:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16803This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168032015-04-17T00:33:35ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI
AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN KOMPETENSI
MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN TAHUN AJARAN 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Kartu Persediaan dengan penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2013/2014,
(2) Mengetahui persepsi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK
Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2013/2014 terhadap penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Akuntansi kompetensi Mengelola Kartu Persediaan.Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2
Moyudan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa pada Kompetensi Mengelola Kartu Persediaan, terbukti dari nilai rata-rata prestasi belajar Akuntansi sebelum dilakukan
tindakan adalah 69,36 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 40,91%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 1,59 menjadi
70,95 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 61,90%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 93,86 dengan persentase atau mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22,91, (2) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Akuntansi kompetensi Mengelola Kartu Persediaan mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kompetensi Mengelola Kartu Persediaan dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI
Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2013/2014.Layla Layla Suci Naylufar2015-04-17T00:33:35Z2019-01-29T21:14:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16809This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168092015-04-17T00:33:35ZPENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN
DAN RISIKO PERSEPSIAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI
MENGGUNAKAN E-BANKING PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTAPenelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi
Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta,
(2) pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta
(3) pengaruh Risiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi
Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta dan
(4) pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian secara bersamasama
terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta.Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM yang terdaftar di
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta.Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 pelaku UMKM. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan
30 responden di dalam populasi di luar sampel. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, semua item pernyataan yang
digunakan valid dan reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan EBanking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,519 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of
significant (0,000 < 0,050 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepercayaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,480 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (3)Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Risiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,160 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (4) Terdapat pengaruh positif signifikan Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,409 atau 40,9% yang berarti bahwa Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM Di Kota Yogyakarta dapat dijelaskan oleh
variabel Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian adalah sebesar 40,9%.
Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko Persepsian dan Minat
Bertransaksi Menggunakan E-Banking.Dwi Dwimastia Harlan2015-04-17T00:33:33Z2019-01-29T21:15:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16812This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/168122015-04-17T00:33:33ZAUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS
ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA
PADA LOTTEMART WHOLESALE YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas atas fungsi sumber daya manusia serta memberikan saran dan rekomendasi dari temuan kelemahan yang terdapat pada LotteMart Wholesale Yogyakarta. Aktivitas sumber daya manusia yang diteliti meliputi: perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan karyawan, perencanaan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, kompensasi dan balas jasa, keselamatan dan kesehatan kerja, kepuasan kerja karyawan, hubungan ketenagakerjaan, dan pemutusan hubungan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara mendeskripsikan penilaian efektivitas pada fungsi sumber daya manusia berdasarkan hasil perbandingan antara kondisi, kriteria, penyebab, dan akibat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa aktivitas fungsi sumber daya manusia yang sudah berjalan efektif antara lain proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan, perencanaan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, kompensasi dan balas jasa, dan pemutusan hubungan kerja. Sedangkan aktivitas yang belum berjalan efektif antara lain perencanaan SDM, seleksi dan penempatan karyawan, keselamatan dan kesehatan kerja, hubungan ketenagakerjaan, dan kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan temuan kelemahan yang terdapat pada aktivitas fungsi sumber daya manusia, maka diberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan bagi manajemen untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pada fungsi sumber daya manusia yaitu: manajemen harus memiliki kriteria dalam perencanaan SDM, menambahkan karyawan untuk fungsi SDM, mengevaluasi kembali berkaitan penempatan jumlah karyawan agar sesuai standar perusahaan, adanya pengawasan dalam prosedur keselamatan kerja, diadakan penilaian kepuasan kerja, dan dilakukan audit SDM secara periodik.
Kata kunci: audit manajemen, audit SDM, efektivitas fungsi SDMPina Antonyella Papina2015-04-07T03:19:11Z2019-01-29T20:01:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14950This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/149502015-04-07T03:19:11ZPENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN
TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN PERTIMBANGAN ETIKA
SEBAGAI VARIABEL MODERASI
(Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kulon Progo)Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, memberikan bukti empiris pengaruh
partisipasi anggaran terhadap budgetary slack. Kedua, memberikan bukti empiris
pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack dengan pertimbangan
etika sebagai variabel moderasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah pejabat Eselon III dan IV pada SKPD
Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode Convenience Sampling. Sampel penelitian ini adalah
Sekretaris Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset,
Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Badan
Kepegawaian Daerah, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa
Perempuan dan Keluarga Berencana, Kecamatan Sentolo, Kecamatan Galur, dan
Kecamatan Panjatan dengan dengan jumlah responden sebanyak 50 pejabat. Alat
analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan uji nilai selisih
mutlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi anggaran berpengaruh
positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Nilai koefisien partisipasi
anggaran sebesar 0,585 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). 2)
Interaksi antara partisipasi anggaran dengan pertimbangan etika tidak berpengaruh
secara individual terhadap budgetary slack, dan pertimbangan etika bukan
merupakan variabel moderating. Nilai koefisien uji nilai selisih mutlak partisipasi
anggaran dengan pertimbangan etika sebesar -0,430 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,504 (> 0,05)
Kata Kunci: Budgetary Slack, Partisipasi Anggaran, Pertimbangan EtikaMiyati Miyati2015-04-07T03:18:58Z2019-01-29T20:12:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15241This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/152412015-04-07T03:18:58ZHUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN INFORMASI FUTURE BENEFIT TERHADAP ESKALASI KOMITMEN
DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi dan Manajemen Angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara gaya kepemimpinan terhadap eskalasi komitmen (2) hubungan antara future benefit terhadap eskalasi komitmen (3) hubungan antara gaya kepemimpinan dan future benefit secara bersama terhadap eskalasi komitmen dalam pengambilan keputusan investasi.
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian eksperimen yang menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 92 responden. Data yang diperoleh merupakan data primer dengan menggunakan instrumen studi kasus. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu diadakan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan metode face validity dan uji reliabilitas menggunakan metode expert judgment. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis statistik nonparametris dengan cara Symetric Measures. Untuk menguji H1 dan H2 menggunakan Contingency coefficient, Phi and Cramer’s V, dan lambda. Pilihan ini untuk mengetahui korelasi kedua variabel secara Symetric Measures. Menguji H3 menggunakan metode uji median/ Kruskal-Wallis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan tidak terbukti berhubungan terhadap eskalasi komitmen. Hal ini dapat dibuktikan angka signifikan atau nilai probabilitas 0,189 > 0,05 2) Future benefit terbukti berhubungan terhadap eskalasi komitmen. angka signifikan atau nilai probabilitas 0,009 < 0,05 (3) Gaya kepemimpinan dan future benefit secara bersama terbukti tidak berhubungan terhadap eskalasi komitmen. Hal ini dapat dibuktikan dengan berdasarkan probabilitasnya, mempunyai nilai signifikansi 0,317 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho gabungan dari variabel gaya kepemimpinan dan future benefit dapat diterima yang artinya dari kedua variabel tersebut secara bersama tidak mempunyai hubungan terhadap eskalasi komitmen.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Future Benefit , Eskalasi KomitmenMUHAMMAD CHOLID WILDAN2015-04-07T03:18:57Z2019-01-29T20:10:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15202This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/152022015-04-07T03:18:57ZPENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN,
MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN
KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK
PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Pengetahuan
Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta tahun 2013, (2) pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi
Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta tahun 2013, (3) pengaruh Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan
Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013, serta (4)
pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan,
dan Kesadaran Wajib Pajak bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di
wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013.
Populasi penelitian ini adalah wajib pajak, baik wajib pajak orang pribadi
maupun wajib pajak badan yang terdaftar pada Kantor Wilayah Direktorat
Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari lima Kantor
Pelayanan Pajak. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 139 wajib pajak diacak
dan tersebar di kelima Kantor Pelayanan Pajak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah cluster (area) sampling. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi
linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Perpajakan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan
dengan t-hitung > t-tabel (9,157 > 1,655) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5%
dan koefisien regresi bernilai 0,936. Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut
dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (10,449 > 1,655) pada tingkat signifikansi
0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,467. Kesadaran Wajib Pajak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut
dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (7,631 > 1,655) pada tingkat signifikansi
0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,756. Secara bersama-sama
berdasarkan uji simultan Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem
Administrasi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai
Fhitung > Ftabel (57,233 > 3,91) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5%.
Kata kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi
Sistem Administrasi Perpajakan, Kesadaran Wajib PajakSeptiyani Nur Khasanah2015-04-13Z2019-01-29T20:41:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15954This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/159542015-04-13ZPENGARUH PERSEPSI MENGENAI SISTEM BAGI HASIL,
PERSEPSI LABA, DAN PERSEPSI TINGKAT SUKU BUNGA
TERHADAP KEPUTUSAN UMKM MENGAMBIL
PEMBIAYAAN MUDHARABAH
Studi pada: Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal WatTamwil
Bina Ummat Sejahtera Cabang Utama (KJKS BMT BUS CU) LasemPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Mengenai
Sistem Bagi Hasil, Persepsi Laba, dan Persepsi Tingkat Suku Bunga secara per
individu (partial) maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan
UMKM Mengambil Pembiayaan Mudharabah pada KJKS BMT BUS CU Lasem.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan subjek penelitian
UMKM yang mengambil pembiayaan mudharabah pada KJKS BMT BUS CU
Lasem. Sampel dari penelitian ini sebanyak 244 dengan teknik pengambilan
sampel convenience sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer
dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitisnya
sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Sebelum dilakukan analisis data
terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji
linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Mengenai Sistem Bagi
Hasil (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan UMKM
Mengambil Pembiayaan Mudharabah (Y), yang ditunjukkan dengan nilai
koefisien regresi (r) sebesar 0,313, nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%
yaitu sebesar 5,948>1,6525. Persepsi Laba (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan UMKM Mengambil Pembiayaan Mudharabah (Y), yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,224, nilai thitung > ttabel pada
taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 5,501>1,6525. Persepsi Tingkat Suku Bunga
(X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan UMKM
Mengambil Pembiayaan Mudharabah (Y), yang ditunjukkan dengan nilai
koefisien regresi (r) sebesar 0,205 nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%
yaitu sebesar 3,019>1,6525. Persepsi Mengenai Sistem Bagi Hasil (X1), Persepsi
Laba (X2), dan Persepsi Tingkat Suku Bunga (X3) secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan UMKM Mengambil Pembiayaan
Mudharabah (Y), yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar
0,165 dan nilai Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 17,048>2,11.
Kata Kunci: Persepsi Mengenai Sistem Bagi Hasil, Persepsi Laba, Persepsi
Tingkat Suku Bunga, Keputusan UMKM Mengambil Pembiayaan MudharabahZayyinatul Khusna2015-04-13Z2019-01-29T20:42:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15963This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/159632015-04-13ZANALISIS KINERJA KEUANGAN
ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD)
KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008-2012Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah Kabupaten Klaten periode 2008-2012 dan mengetahui Kinerja Keuangan Belanja Daerah Kabupaten Klaten periode 2008-2012.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang dengan menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Klaten tahun 2008-2012
Setelah melakukan analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah Kabupaten Klaten secara umum dikatakan baik. Hal ini dibuktikan (a) Varians Pendapatan Daerah rata-rata di atas 100%, (b) Pertumbuhan Pendapatan Daerah rata-rata (positif) 12,13%, (c) Rasio Keuangan Pendapatan Daerah dilihat dari Derajat Desentralisasi menunjukkan rata-rata 5,03% (rendah), Rasio Ketergantungan Keuangan Daerah relatif tinggi rata-rata 90,44%, Rasio Efektivitas dan Efisiensi Pajak Daerah, secara umum rasio efektifitas rata-rata 103,82% dan rasio efisiensi rata-rata 12,33%, Derajat Kontribusi BUMD mencapai angka rata-rata 0,23%. (2) Kinerja Keuangan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten Klaten secara umum dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan (a) Varians Belanja Daerah rata-rata di bawah 100%, (b) Pertumbuhan Belanja Daerah mengalami pertumbuhan rata-rata 11,00%, (c) Keserasian Belanja Daerah dapat dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Klaten mengalokasikan sebagian besar anggaran belanjanya untuk Belanja Operasi rata-rata 90,33% dibandingkan dengan Belanja Modal rata-rata 9,57%, (d) Efisiensi Belanja Daerah menunjukkan rata-rata di bawah 100%.
Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Anggaran Pendapatan, Anggaran Belanja, APBDBAHRUN ASSIDIQI2015-04-13Z2019-01-29T20:42:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15969This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/159692015-04-13ZPENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS
DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI
VARIABEL MODERATING
(Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, (2) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan, (3) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating, (4) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating, (5) Pengaruh CSR tehadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating, (6) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kausal – komparatif. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan pertambangan tahun 2011 dan 2012 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 17 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Profitabilitas sebagai variabel moderating tidak dapat memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, (4) Profitabilitas sebagai variabel moderating tidak dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan, (5) Ukuran perusahaan sebagai variabel moderating memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, (6) Ukuran perusahaan sebagai variabel moderating memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : CSR, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran PerusahaanYUSTISIA PUSPANINGRUM2015-04-13Z2019-01-29T20:42:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15979This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/159792015-04-13ZPENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI
SALAH SATU UKURAN BALANCED SCORECARD
PADA PT. MADUBARU KABUPATEN BANTUL
PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program
Corporate Social Responsibility terhadap loyalitas konsumen sebagai salah satu
ukuran Balanced Scorecard PT. Madubaru Kabupaten Bantul Provinsi Daerah
Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatif karena
penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh implementasi program CSR
terhadap loyalitas konsumen gula sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard
pada PT. Madubaru.
Populasi konsumen PT. Madubaru terbagi dalam populasi konsumen gula
dan konsumen spiritus. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui
secara pasti sehingga dengan menggunakan rumus Paul Leedy diambil jumlah
sampel sebanyak 96 responden. Teknik sampling yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner dengan responden konsumen gula
Madukismo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan: (1) uji
instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas; (2) uji asumsi klasik yang
terdiri dari uji normalitas data dan uji linearitas; serta (3) uji hipotesis
menggunakan uji regresi linear sederhana, mencari koefisien determinasi dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Corporate
Social Responsibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard. Hal ini dibuktikan
dengan hasil regresi yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (2,129 >
1,66123), koefisien regresi sebesar 0,122 yang menunjukkan bahwa setiap
kenaikan 1 satuan implementasi program Corporate Social Responsibility
menyebabkan kenaikan sebesar 0,122 pada loyalitas konsumen serta nilai
signifikansi implementasi program Corporate Social Responsibility sebesar 0,036
lebih kecil dari nilai signifikansi yang digunakan dalam penelitan ini yaitu 0,05.
Hasil penelitian berupa koefisien determinasi (r2) sebesar 4,6% menunjukkan
bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility memiliki
kemampuan menjelaskan loyalitas konsumen sebesar 4,6%. Selanjutnya, loyalitas
konsumen dimungkinkan dijelaskan melalui faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata Kunci: Implementasi Program Corporate Social Responsibility, Loyalitas
Konsumen, Balanced ScorecardGama Luky Yoasti