Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:25:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:29:05Z2019-01-29T16:42:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6206This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62062015-03-20T03:29:05ZPENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI
SE-KECAMATAN NANGGULAN
KABUPATEN KULON PROGOABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan
sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Nanggulan yang meliputi
inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyelesaian, penyajian koleksi, faktor-faktor
penghambat, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan di perpustakaan
sekolah dasar se-Kecamatan Nanggulan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah Perpustakaan Sekolah Dasar yang berjumlah 28 sekolah, dengan
subjek penelitian 28 Tenaga Perpustakaan di Sekolah Dasar se-Kecamatan
Nanggulan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji
validitas instrumen dengan menggunakan uji validitas internal, dan uji reliabilitas
dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengelolaan perpustakaan sekolah
dalam hal inventarisasi berada pada kategori cukup, yang ditunjukkan dengan ratarata
persentase 67,35%. (2) Pengelolaan perpustakaan sekolah dalam hal klasifikasi,
berada pada kriteria cukup, yang ditunjukan dengan rata-rata persentase 66,67%. (3)
Pengelolaan perpustakaan sekolah dalam hal katalogisasi, berada pada kategori
cukup, yang ditunjukan dengan rata-rata persentase 55,55%. (4) Pengelolaan
perpustakaan sekolah dalam hal penyelesaian, berada pada kategori baik, yang
ditunjukan dengan rata-rata persentase 80,90%. (5) Pengelolaan perpustakaan
sekolah dalam hal penyajian koleksi, berada pada kategori cukup, yang ditunjukan
dengan rata-rata persentase 54,15%. (6) Kendala yang yang ada dalam pengelolaan
perpustakaan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Nanggulan adalah: Kurangnya tenaga
perpustakaan, masih banyak tenaga perpustakaan yang belum memahami tentang
pengelolaan perpustakaan, serta adanya keterbatasan fasilitas dari pihak sekolah. (7)
Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi kendala tersebut
diatas, antara lain: Sekolah berupaya untuk mencari tenaga perpustakaan, bagi tenaga
perpustakaan mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah, Sekolah
mencari sumber dana lain di Dinas Pendidikan, pemerintah desa, dan perorangan
dalam bentuk fasilitas
Kata Kunci : Pengelolaan, Perpustakaan, di Sekolah Dasar.Siti Hardyanti Patimah