Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:04:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-12T08:00:13Z2019-10-01T11:54:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30924This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/309242016-04-12T08:00:13ZLaporan Individu
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTASebagai salah satu universitas kependidikan terbaik di Indonesia, Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki beberapa program guna meningkatkan kualitas
kependidikan. Salah satu program yang dikeluarkan UNY adalah pelaksanaan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) secara terpadu. Adapun misi dari PPL adalah
pembentukan dan peningkaran kemampuan guru secara profesional.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang
harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri
Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh penyusun di semester khusus setelah
pelaksanaan KKN. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) di Kabupaten Bantul, yaitu SMA Negeri 2 Bantul. Praktik
pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses
pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. hal tersebut tentu akan sangat
berguna sebagai sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan
diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang
dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari
observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu
persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Dari hasil
observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang
sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan.
Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, observasi,
praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan selama lima
bulan, yaitu tanggal 9 Agustus 2015 sampai 10 September 2015. Pada tahap
pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 10 kali dari ketentuan
minimal sebanyak empat kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X IIS 1
sebanyak satuli, X IIS 2 sebanyak satu kali, XI MIA 4 sebanyak satu kali dan XI MIA
6 sebanyak satu kali dan XI MIA 7 sebanyak empat kali. Hasil dari pelaksanaan PPL
selama kurang lebih satu bulan lebih di SMA Negeri 2 Bantul ini dapat dipetik
hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan, penerapan pendidikan
karakter dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh di
bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam
pelaksanaan PPL. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak
sekolah dan PPL-UNY tetap terjaga dengan baik karena sekolah telah memberikan
banyak pengalaman bagi penyusun.Ruskisatiana Aulia Zur’ah Rissa