Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:13:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-04T02:24:43Z2019-03-06T00:45:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12326This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/123262015-03-04T02:24:43ZPENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP-KONSEP DASAR SAINS
CALON GURU SD MELALUI PERANGKAT PERKULIAHAN
BERBASIS STRUKTUR PEMBELAJARAN SEQIP
(SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT)Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman
konsep-konsep dasar sains yang berimplikasi pada peningkatan self efficacy mahasiswa calon
guru menggunakan struktur pembelajaran SEQIP.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah classroom action research atau
penelitian tindakan kelas dengan subyek mahasiswa S-1 PGSD kelas S-6-C, prodi PGSD,
jurusan PPSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 30
mahasiswa. Penelitian setiap siklusnya terdapat perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa dan tanggapan
mengenai keyakinan mereka pada kemampuan masing-masing dalam mengajarkan sains
sesuai dengan hakikatnya. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Mahasiswa, sedangkan instrumen untuk
mengumpulkan data adalah angket dan lembar observasi, serta soal pretest dan postest.
Sebagaimana tujuan penelitian ini, maka data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk
menentukan keberhasilan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pembelajaran SEQIP mampu
meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar sains dan meningkatkan self
efficacy mahasiswa calon guru daripada struktur pembelajaran menggunakan kurikulum
PGSD tahun 1995. Gain yang dicapai dalam peningkatan pemahaman konsep menurunkan
ketidakyakinan mahasiswa calon guru hingga 50,99%. Interpretasi kualitatif dari data tersebut
adalah struktur SEQIP mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar sains dan self efficacy
mahasiswa.Wilujeng InsihK.P. ZuhdanPuji A. PratiwiArdi N Ikhlasul