Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:04:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-01T19:06:24Z2019-01-30T06:24:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29469This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/294692016-02-01T19:06:24ZPENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN
ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK
KERJA BANGKU SISWA PEMESINAN KELAS X DI
SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTULPENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN
ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK
KERJA BANGKU SISWA PEMESINAN KELAS X DI
SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Zidni Mushthofa
11503244008
ABSTRAK
Dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan, di antaranya: (1) untuk
mengetahui persepsi siswa tentang kelengkapan peralatan perkakas tangan yang
dimiliki jurusan pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul, (2) untuk mengetahui
tingkat hasil praktik kerja bangku pada mata pelajaran praktik kerja bangku, (3)
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kelengkapan
peralatan perkakas tangan terhadap hasil praktik kerja bangku.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Subyek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Pemesinan sebanyak 60 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota. Penelitian ini terdiri dari dua
variabel yaitu persepsi siswa tentang kelengkapan alat perkakas tangan (X)
sebagai variabel bebas dan hasil praktik kerja bangku (Y) sebagai variabel terikat.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas
instrumen dilakukan dengan menggunakan Product Moment, sedangkan
reliabilitas diketahui melalui Alfa Croncbach. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment..
Hasil dari penelitian ini adalah (1) menurut pendapat siswa alat perkakas
tangan yang dimiliki oleh bengkel pemesinan cukup lengkap, dengan hasil siswa
yang menyatakan dalam kategori sangat lengkap ada 6 siswa (10%), kategori
lengkap ada 14 siswa (23,33%), kategori cukup lengkap ada 26 siswa (43,34%)
dan kategori kurang lengkap ada 14 siswa (23,33), (2) hasil praktik kerja bangku
dalam yang diperoleh siswa dalam kategori cukup tinggi, dengan hasil siswa yang
mempunyai hasil praktik kerja bangku dalam kategori sangat tinggi ada 9 siswa
(15%),kategori tinggi 15 siswa (25%), kategori cukup tinggi 19 siswa (31,67%)
dan kategori rendah ada 17 siswa (28,33%), (3) terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara persepsi siswa tentang kelengkapan alat perkakas tangan
terhadap hasil praktik kerja bangku dengan nilai korelasi hubungan (RXY)=0,887,
koefisien determinasi (Rxy)2=0,788 dan mempunyai sumbangan efektif sebesar
78,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Alat perkakas tangan, Hasil praktik kerja bangku.Mushthofa Zidni