Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:50:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-02T02:55:02Z2019-10-01T11:54:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33681This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/336812016-06-02T02:55:02ZPRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SMK NEGERI 1 JOGONALAN
TAHUN 2015Pendidikan merupakan komponen penting yang menentukan kemajubangsa. Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampudan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangmencerdaskan kehidupan bangsa. Dan fungsi pendidikan itu sendiri erat sekkaitannya dengan kualitas pendidikan, karena kualitas pendidikan tersebut
mempengaruhi fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
Belakangan ini kualitas pendidikan Indonesia sedang dipertanyakkualitasnya. Berbagai masalah pendidikan menjadi obrolan hangat masyarakIndonesia. Sebenarnya kualitas pendidikan pada hakikatnya ditentukaantar lain oleh para pengelola dan pelaku pendidikan. Salah sapelaku pendidikan adalah tenaga pendidik atau
guru.
Tenaga pendidik dalam pelaksanaan sistem pendidikan dipandasebagai faktor utama keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan nasionseperti yang tercantum dalam UU No. 2/1989 pasal 4, yaitu “Pendidiknasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkmanusia Indonesia seutuhnya,dan seluruhnya” yaitu manusia yaberiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekeyang luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmadan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawakemasyarakatan dan kebangsaan”. Guru sebagai faktor kunci dalam
pendidikan, sebab sebagian besar proses pendidikan berupa interaksi
belajar mengajar, dimana peranan guru sangat berarti. Guru sebagai pengajaratau pendidik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap adanupaya pendidikan.
Universitas Negeri Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yamempunyai misi dan tugas untuk menyiapkan dan menghasilkan tenagtenaga pendidik yang siap pakai, mencantumkan beberapa mata kulipendukung yang menunjang tercapainya kompetensi di atas, salah satunyaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL bertujuan untuk
memberi pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatanZeninda Anggitra P. Zeninda Anggitra P.