Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:09:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-12T04:49:50Z2019-01-30T07:18:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30906This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/309062016-04-12T04:49:50ZRELEVANSI KOMPETENSI PRAKTIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON
DI SMKN 2 YOGYAKARTA DENGAN STANDAR KOMPETENSI NASIONAL
(SKN) DAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI DIYRELEVANSI KOMPETENSI PRAKTIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON
DI SMKN 2 YOGYAKARTA DENGAN STANDAR KOMPETENSI NASIONAL
(SKN) DAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI DIY
Oleh:
Kurnia Restu Zainal
NIM. 11505244003
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kompetensi praktik
konstruksi batu dan beton di SMKN 2 Yogyakarta yang relevan dengan Standar
Kompetensi Nasional dan besar persentasenya, (2) kompetensi praktik konstruksi
batu dan beton yang diajarkan di sekolah tetapi tidak ada dalam Standar
Kompetensi Nasional, (3) kompetensi yang ada dalam Standar Kompetensi
Nasional akan tetapi tidak diajarkan di sekolah, (4) kompetensi praktik konstruksi
batu dan beton di SMK yang relevan dengan proyek konstruksi dan besar
persentasenya, (5) kompetensi praktik konstruksi batu dan beton yang diajarkan
di sekolah tetapi tidak dibutuhkan pada proyek konstruksi, (6) kompetensi yang
dibutuhkan proyek konstruksi akan tetapi tidak diajarkan di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan
pendekatan studi kasus. Tempat penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta
dan perusahaan proyek konstruksi di wilayah DIY. Teknik pengumpulan data
dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,
dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kompetensi yang relevan dengan
Standar Kompetensi Nasional (SKN) berjumlah 25 dari 59 kompetensi yang ada
dalam SKN (42,37%) dalama kategori kurang relevan, (2) Kompetensi yang
diajarkan di SMKN 2 Yogyakarta namun tidak terdapat dalam SKN sebanyak 9
kompetensi, (3) Kompetensi SKN yang tidak diajarkan di SMKN 2 Yogyakarta
sebanyak 34 kompetensi, (4) Kompetensi di SMKN 2 Yogyakarta yang relevan
dengan proyek konstruksi sebanyak 30 dari 79 kompetensi yang ada di proyek
konstruksi (37,79%) dalam kategori tidak relevan, (5) Kompetensi praktik
konstruksi batu dan beton di SMKN 2 Yogyakarta yang tidak relevan dengan
pekerjaan proyek konstruksi sebanyak 4 kompetensi, dan (6) Kompetensi yang
belum ada di SMKN 2 Yogyakarta namun diperlukan pada proyek konstruksi
sebanyak 49 kompetensi.
Kata kunci: kompetensi praktik, konstruksi batu dan beton, relevansi, standar
kompetensi nasional, proyek konstruksi.Kurnia Restu Zainal