Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:36:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-01T08:38:23Z2019-10-01T11:43:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46726This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/467262017-02-01T08:38:23ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 NGEMPLAK
SLEMANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk
pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara
langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun
praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan
kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan,
kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi
mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan
dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini
diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik
yang berkualitas dan profesional.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Ngemplak, para
praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang
ditekuni. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam
memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di
lapangan wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai persiapan
mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan
disampaikan kepada peserta didik di dalam kelas. Kegiatan PPL ini dilaksanakan
mulai tanggal 18 Juli – 15 September 2016. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali
manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan, baik dalam hal mengajar maupun
dalam hal mengasah kepribadian bermasyarakat. Praktikan dapat mengetahui
bagaimana menjadi guru yang baik dan dapat memberikan bekal kepada para
praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi
terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang
optimal.ZENNY WAHYUNINGSIH ZENNY WAHYUNINGSIH