Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:39:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T00:34:25Z2019-01-29T19:57:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14815This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/148152015-04-07T00:34:25ZPEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENYELENGGARAAN KANTIN KEJUJURAN DI SD NEGERI 3 PURWODADI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMASPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter peserta didik melalui penyelenggaraan kantin kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitaif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan dibantu dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembentukan karakter peserta didik melalui penyelenggaraan kantin kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi sudah diterapkan dengan baik, yaitu dengan cara melatih siswa berbelanja di kantin kejujuran tanpa ada penjualnya. Jadi siswa berperan sebagai pembeli sekaligus penjual tanpa diawasi oleh siapa pun. Di sini, siswa diajari untuk berbuat jujur dalam membayar apa yang telah dibeli, mengambil kembalian (jika ada), kemudian mengambil barang sesuai harga yang dibayarkan. Setiap hari di SD Negeri 3 Purwodadi, guru juga selalu mengingatkan siswa dan menasehati siswa untuk selalu berbuat jujur. Kemudian guru juga selalu memberi contoh yang baik pada siswa terutama terkait dengan kantin kejujuran, serta guru selalu mengkaitkan segala kegiatan dengan makna yang tersirat dalam kantin kejujuran.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Karakter Peserta Didik, Kantin KejujuranEsa Yusti