Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:19:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-07T04:07:26Z2019-01-30T11:43:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43281This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/432812016-11-07T04:07:26ZEFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK
RESIDENSIAL PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SEDAYU
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pencapain
kompetensi siswa yang menggunakan metode problem based learning dan yang
menggunakan metode konvensional, (2) efektivitas pembelajaran instalasi listrik
dengan metode problem based learning untuk peningkatan kompetensi siswa
SMK Negeri 1 Sedayu.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Sedayu berjumlah 60 orang terdiri dari
kelas teknik instalasi tenaga listrik A dan B. Validitas instrumen dilakukan dengan
expert judgement, uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kompetensi pada kelas
kontrol dan eksperimen sebelum diberikan tindakan memilki nilai yang sama. Hal
tersebut dibuktikan dengan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Di mana kedua
kelas tersebut berdistribusi normal, homogen dan tidak ada perbedaan. Namun
setelah kelas eksperimen diberikan tindakan, maka kompetensi siswa meningkat.
Itu dibuktikan dengan uji t yang bernilai thitung 2,79 > dari ttabel. 2,00, (2) metode
problem based learning lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Dapat
dilihat dari rerata uji N- Gain, dimana kelas eksperimen memiliki rata 0,49 dan
kelas kontrol 0,44.
Kata kunci: problem based learning, kompetensi, quasi experiment.Arief Yusron