Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:28:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-19T01:47:56Z2019-05-09T07:53:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46189This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/461892017-01-19T01:47:56ZPenerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Video Pada Pembelajaran PKn Untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Tanggung Jawab Siswa di SMPN 3 Yogyakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar dan karakter tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIIIE SMP N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan video.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama, dengan materi konstitusi-konstitusi yang berlaku di Indonesia. Siklus ke dua, dengan materi penyimpangan-penyimpangan konstitusi. Jenis tindakan yang dilakukan yaitu dengan pembelajaran PKn yang menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan video. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIIE SMP N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Tes berupa pre-test dan post-test untuk mendapat data hasil belajar; (2) Observasi untuk mendapat data tentang karakter tanggung jawab; (3) Dokumen berupa catatan tentang siswa, pekerjaan siswa, dan foto-foto kegiatan pembelajaran sebagai pendukung data tambahan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan video dapat meningkatkan nilai rata-rata tes dan karakter tanggung jawab siswa kelas VIIIE SMP N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Sebelum diadakan tindakan penelitian nilai rata-rata pre-test PKn kelas VIIIE SMP N 3 Yogyakarta pada siklus 1 masih 52,50 dan pada siklus 2 nilai rata-rata tes 59,26. Namun setelah diadakan tindakan penelitian maka terjadi peningkatan nilai rata-rata tes. Pada siklus 1 nilai rata-rata tes menjadi 62,79 dan pada siklus 2 nilai rata-rata menjadi 75,14 berarti dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 19,66%. Sedangkan karakter tanggung jawab siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan penelitian kelas VIIIE memiliki nilai rata-rata karakter tanggung jawab sebesar 23 (kategori cukup). Setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan nilai rata-rata karakter tanggung jawab pada siklus 1 menjadi rata-rata sebesar 24,60 (kategori baik) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 30,57 (kategori baik). Terjadi peningkatan nilai karakter tanggung jawab dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 24,27%.Yusnanik Yusnanik