Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:44:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-22T05:50:26Z2019-10-01T11:43:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45021This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/450212016-12-22T05:50:26ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2016
LOKASI SMP N 3 KALASANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan PPL di SMP 3 Kalasan sudah memenuhi 6 kali Pertemuan dengan mengajar di 4 kelas yaitukelas IX A, IX B, IX C dan IX D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah,observasi , demonstrasi. Media yang di gunakan mahasiswa PPL antara lain , LCD ,laptop
ProgramPPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut.dengan terlaksanakannya program PPL ini di harapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang profesional serta mampu memenuhi 4 kompetensi guru.Yusfi Ashar Hanafi Yusfi Ashar Hanafi