Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:53:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-01-28T02:02:02Z2020-01-28T02:02:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67250This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672502020-01-28T02:02:02ZPENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR DETAIL PONDASI DAN
SLOOF PADA RUMAH TINGGAL 2 LANTAI MATA PELAJARAN
KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI DESAIN
PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB)
SMK NEGERI 2 DEPOKTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran modul
menggambar detail pondasi dan sloof pada rumah tinggal 2 lantai mata pelajaran
Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas xi Desain Pemodelan dan Informasi
Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Depok.
Jenis penelitian ini Design and Development (D&D) dengan model 4D yaitu,
pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan
penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian yaitu pengembangan modul: (1) define, dengan hasil front analysis belum
tersedianya modul, learn analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis
beberapa tugas menggambar pondasi dan sloof, concept analysis penyajian teori sesuai
dengan KI-KD, specifying instructional objectives merumuskan tujuan pembelajaran; (2)
design, mendesain isi modul; (3) development, menguji kelayakan modul dari ahli materi,
ahli media dan guru mata pelajaran KUG. Adapun saran dari ahli materi yaitu
memperbaiki (SOP, menghilangkan teori trassram, dan menambahkan langkah-langkah
menggambar pondasi), ahli media yaitu (konsistensi notasi, font, dan menambahkan tugas
pada KB4) dan guru mata pelajaran KUG (menambahkan langkah-langkah menggambar
pondasi). Penilaian kelayakan modul berdasarkan analisis ahli materi mendapatkan skor
3,58 pada kategori “sangat layak”, ahli media mendapatkan skor 3,67 pada kategori
“sangat layak”, dan guru mata pelajaran KUG mendapatkan skor 3,58 pada kategori
“sangat layak”.; dan (4) disseminate, penyebaran produk kepada guru mata pelajaran
KUG SMK Negeri 2 Depok.Yeyen Yuristiary