Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:12:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-01-08T07:41:56Z2019-01-30T15:48:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54801This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/548012018-01-08T07:41:56ZDESKRIPSI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN
NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN
DI TAMAN KANAK-KANAK UMUM SE-KECAMATAN PAJANGAN BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode pembelajaran Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun di TK umum se-Kecamatan Pajangan Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di TK umum se-Kecamatan Pajangan yang berjumlah 9 orang guru, sedangkan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Nilai Agama dan Moral untuk anak usai 4-5 Tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obervasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik
Hasil penenlitian menunjukkan bahwa di TK umum se-Kecamatan Pajangan menggunakan metode bercakap-cakap dengan prosedur yaitu: a) guru menarik perhatian dan minat anak, b) guru membimbing anak, c) mempersiapkan alat dan bahan, dan d) merancang evaluasi. Prosedur penggunaan metode pemberian tugas yaitu: a) menetapkan sasaran sesuai tema, b) menyiapkan alat dan bahan, c) menetapkan tugas yang dilakukan anak, d) menjelaskan cara mengerjakan tugas, e) guru membimbing anak, dan f) mengevaluasi dengan observasi. Prosedur penggunaan metode demonstrasi yaitu: a) guru mempersiapkan anak mengikuti kegiatan demonstrasi, b) meminta anak untuk memperhatikan apa yang dilakukan guru, dan d) guru mendemonstrasikan kegiatan yang dilakukan anak. Prosedur penggunaan metode bercerita yaitu: a) guru mengatur tempat duduk, b) guru mengembangkan cerita, dan c) guru mengajukan pertanyaan tentang isi cerita. Metode gabungan, guru menggabungkan metode pemberian tugas dengan demonstrasi, dan metode demosntrasi dengan metode bercakap-cakap.Akmalia Yunitapaud@uny.ac.id