Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:03:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-09-18T03:18:16Z2019-09-18T03:18:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65916This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/659162019-09-18T03:18:16ZPEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BLUS BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJOPenelitian ini bertujuan : 1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran
pembuatan pola blus berbantuan Macromedia Flash, 2) mengetahui peningkatan
kompetensi pembuatan pola blus berbantuan Macromedia Flash.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain
penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas XI
Busana Butik 2 SMK N 3 Purworejo yang berjumlah 25 siswa. Metode
pengumpulan data dengan memberikan tes essay dan tes unjuk kerja. Uji validitas
instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgements).
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola
blus berbantuan media berbasis macromedia flash pada kelas XI Busana Butik 2
di SMK N 3 Purworejo, adalah sebagai berikut : pada kegiatan pendahuluan guru
menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, pada kegiatan inti guru
mendemostrasikan materi pembuatan pola blus berbantuan media berbasis
macromedia flash, guru membimbing pembuatan pola blus, guru mengecek
pemahaman siswa tentang materi pembuatan pola blus dan memberikan umpan
balik, pada kegiatan penutup guru memberikan latihan lanjutan pembuatan
pola blus. 2) Terjadi peningkatan kompetensi siswa, rata-rata nilai siswa pra siklus
ke sikus I dari 71,86 menjadi 78,03.Sebanyak 17 siswa sudah mencapai KKM.
Pada siklus I kompetensi siswa meningkat sebesar 68%. Pada Siklus II meningkat
menjadi 100% yaitu 35 siswa sudah mencapai KKM dengan rata-rata nilai 83,45.
Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan pembelajaran pola blus
berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan kompetensi siswa.Afny Ulfa Yuniari