Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:58:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-08T06:25:24Z2020-09-24T04:13:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44432This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/444322016-12-08T06:25:24ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA
MENGGUNAKAN MEDIA HANACARAKA FONT
KELAS VIII SMP N 4 KALASANPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA
MENGGUNAKAN MEDIA HANACARAKA FONT
KELAS VIII SMP N 4 KALASAN
Oleh Feni Yunia Narwati
NIM 08205241023
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa yang dimiliki siswa kelas VIII
SMP N 4 Kalasan dengan menggunakaan media pembelajaran hanacaraka font.
Media pembelajaran hanacaraka font dipilih sebagai salah satu solusi atau
alternatif pilihan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan
menulis aksara Jawa yang dimiliki siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 4 Kalasan
tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini difokuskan pada
permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan menulis siswa
khususnya menulis beraksara Jawa dengan media pembelajaran hanacaraka font.
Pelaksanaan tindakan dalam tiga siklus yang terdiri atas satu kali pertemuan tahap
pra tindakan, dua kali pertemuan tahap siklus I, dua kali pertemuan tahap siklus II,
dua kali pertemuan tahap siklus III. Pengumpulan data diperoleh dengan cara
memberikan tes dari beraksara Latin ke dalam beraksara Jawa. Selain itu, data
diperoleh melalui angket, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi
kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif.
Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratik, hasil, proses, dan
dialogik) dan reliabilitas triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan
komputer, yaitu hanacaraka font dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa
dalam menulis aksara Jawa. Peningkatan kemampuan menulis siswa dalam
menulis aksara Jawa dapat dilihat dari peningkatan prestasi, yakni nilai rata-rata
kemampuan menulis aksara Jawa siswa sebelum tindakan atau pra tindakan, siklus
I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum pelaksanaan tindakan sebesar
58,72; nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65,10; nilai rata-rata pada siklus II
sebesar 78,75; dan nilai rata-rata pada siklus III sebesar 84,65. Peningkatan proses
pembelajaran juga ditandai dengan adanya peningkatan siswa dengan membuat
kartu nama dengan hanacaraka font dan siswa lebih bersemangat apabila diberi
tugas membuat kata atau kalimat sederhana beraksara Jawa dengan hanacaraka
fontFeni Yunia Narwati