Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:55:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-16T01:28:32Z2019-10-01T11:43:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49910This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/499102017-06-16T01:28:32ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017
15 JULI-15 SEPTEMBER 2016
DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTASebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan,
Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan
yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program
mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan
diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para
mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1.
Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam
menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses
pembelajaran, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat
dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta merupakan salah satu yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2016
ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun
masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh
aktifitas belajar mengajar di sekolah.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15Juli –15 September 2016.
Kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan
dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan
mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar
terbimbing, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh
praktikan adalah Gambar Eksterior dan Konstruksi Bangunan dengan alokasi waktu
setiap minggu sebanyak 27 jam. Penulis sendiri mengampu Ineks kelas XII dan
Konstruksi Bangunan kelas XI. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari
Senin,Rabu,Jumatdimulai pada jam pertama sampai jam ke 9 untuk Ineks . Dalam
pelaksanaan PPL, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya empat kali
pertemuan. Selain mengampu dua mata pelajaran tersebut, mahasiswa praktikan
membantu mengampu mata pelajaran guru lain untuk memenuhi. Dalam hal tersebut,
praktikan mengampu mata pelajaran Autocad dan Sketup. Hasil yang diperoleh dari
kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar
maupun pengalaman administrasi guru. Secara keseluruhan program kerja PPL
terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapannya, semua
pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon
tenaga pendidik.Yuni Fitria Nurcahyani Yuni Fitria Nurcahyani