Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:36:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-18T08:51:02Z2012-09-18T08:51:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5818This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58182012-09-18T08:51:02ZSimulasi Penggerak Tongkat Persneling Elektronik
Pada Mobil Suzuki Carry Dengan Menggunakan Mikrokontroler 89S51Simulasi penggerak tongkat persneling elektronik pada mobil suzuki carry
dengan menggunakan mikrokontroler 89S51 dimaksudkan untuk mendapatkan
suatu alat yang bisa digunakan untuk mengontrol tongkat persneling secara
elektronik dengan menekan tombol kendali dan limit switch sebagai sensornya.
Dengan adanya sistem kontrol ini, maka akan memudahkan dalam mengatur
perpindahan tongkat persneling sesuai kebutuhan singga saat pindah gigi, melaju,
naik, turun, belok, mundur, merupakan saat-saat yang tidak menimbulkan
masalah.
Alat ini dikembangkan dalam beberapa tahapan yaitu, (1) Identifikasi
Kebutuhan, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Perancangan Sistem, (4) Perancangan
Perangkat Keras, (5) Perancangan Mekanik Penggerak, (6) Perancangan
Perangkat Lunak, (7) Teknik Pengoperasian, dan (8) Pengujian Alat. Sedangkan
untuk mendapatkan data dilakukan 3 langkah, yaitu (1) Studi Kepustakaan, (2)
Konsultasi
Unjuk kerja Alat “Simulasi Penggerak Tongkat Persneling Secara
Elektronik Pada Mobil Suzuki Carry Dengan Menggunakan Mikrokontroler
AT89S51” telah sesuai dengan yang diharapkan, dengan rincian sebagai berikut :
(1) Kecepatan perpindahan gigi tercepat adalah pada posisi 1 ke 2, dan 3 ke 4 atau
sebaliknya yaitu selama 0,60 detik, sedangkan perpindahan gigi terlambat adalah
pada posisi 2 ke 3 dan 4 ke 5 atau sebaliknya dengan membutuhkan waktu 0,80
detik. (2) Posisi gigi transmisi dapat diketahui melalui display seven segmen,
dimana display 1 menunjukkan posisi gigi yang diinginkan, dan display 2
menunjukkan posisi gigi transmisi sebenarnya, tanpa merubah fungsi pedal gas
dan kopling. sistem otomatisasi pada alat ini bertujuan memindahkan gigi
transmisi pada posisi netral pada saat pertama kali dipoperasikan.Alfi Yulianta