Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:06:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-29T01:31:04Z2019-01-30T00:15:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21786This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/217862015-06-29T01:31:04ZKEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MIXED PEER TEACHING DAN
PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1
PUNDONG PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR LISTRIKABSTRAK
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MIXED PEER TEACHING DAN
PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1
PUNDONG PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR LISTRIK
Oleh :
Yulia Bherlinda
NIM 10501244012
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer
teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran metode konvensional, (2) mengetahui apakah ada perbedaan
aspek kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching
dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran metode konvensional, (3) mengetahui apakah ada perbedaan
aspek afektif siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer teaching
dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran metode konvensional, (4) mengetahui apakah ada perbedaan
aspek psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran metode mixed peer
teaching dan problem solving menggunakan media dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran metode konvensional pada mata diklat Alat Ukur Listrik di SMK N 1
Pundong.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
kuasi tipe Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian
dilakukan pada kelas X program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 1
Pundong. Populasi berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes,
angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang mengikuti
proses pembelajaran metode mixed peer teaching dan problem solving
menggunakan media, kenaikan dari nilai rerata pretest ke posttest sebesar 24,03
sedangkan yang menggunakan metode konvensional, kenaikan dari nilai rerata
pretest ke posttest sebesar 16,26, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar antara kelas yang menggunakan metode mixed peer teaching dan
problem solving dan media pembelajaran dengan kelas yang menggunakan
metode konvensional, dengan nilai t hitung pada nilai posttest aspek kognitif
sebesar (-2,030), nilai t hitung pada aspek afektif sebesar (-2,431), dan nilai t
hitung pada aspek psikomotorik sebesar (-2,352).
Kata kunci : aspek afektif, aspek kognitif, aspek psikomotorik, hasil belajar, peer
teaching, problem solving.Bherlinda Yulia