Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:43:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T02:59:43Z2019-10-01T12:06:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38393This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/383932016-08-03T02:59:43ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMANLAPANGAN
SMA ISLAM 1 GAMPING
TAHUN 2014Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tetap
mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta
menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Salah
satu yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa
kegiatan kurikuler PPL sebagai mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa
UNY khususnya prodi kependidikan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh
oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini
praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan
sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan
praktik pengalaman lapangan di SMA Islam 1 Gamping yang berlokasi terletak di
Jln. Wates KM 3, 5 Pelemgurih Sleman. Lokasi SMA Islam 1 Gamping berada di
wilayah Sleman sekitar 2 km ke arah timur dari UPY (Universitas PGRI Yogyakarta).
Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman
tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan
sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. PPL juga dilaksanakan untuk
mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan
pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan
pembelajaran dan sumber belajar. Hasil pelaksanaan praktik pengalaman lapangan
yang diadakan di SMA Islam 1 Gamping selama 2 bulan ini dapat dipetik manfaatnya
oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik bidang
Pendidikan Ekonomi yang diperoleh dari kegiatan perkuliahan di UNY dengan baik.
Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman
lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah.
Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL,
meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan
metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa.
Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan
kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu
ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata
tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan,
kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang
ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik
yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2014 di SMA Islam
1 Gamping memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa
maupun lembaga sekolah.Yuli Arifayani Yuli Arifayani