Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:40:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-27T02:45:31Z2019-10-01T12:06:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37702This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/377022016-07-27T02:45:31ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA
Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta, 2 Juli- 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan
dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada
mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam
dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi
yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan
bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai
calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional, dan kompetensi sosial, juga dikembangkan dalam kegiatan
ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan
mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang
berkualitas. Program PPL di SMK N 5 Yogyakarta, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli
sampai dengan 17 September 2014. Sebelum merencanakan dan menyusun program
PPL, dilakukan observasi, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi
pembelajaran di kelas. Kegiatan PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain:
observasi kelas, menyusun perangkat pembelajaran, persiapan mengajar (membuat
media/ materi pembelajaran), praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, dan
pendamping guru (sebagai asisten) dalam kegiatan praktikum.
Kegiatan PPL ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajar
khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta
didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas,
kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan
evaluasi. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL
dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai
dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah
dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan
kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL,
mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar
mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah,
sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator
KKN-PPL di Sekolah.
Dalam kegiatan PPL di SMK N 5 Yogyakarta, penyusun mendapatkan
kesempatan praktik mengajar di kelas X Tekstil A, X Tekstil B, kelas XI Tekstil A
dan B, XII Tekstil B Materi yang diajarkan ialah berupa desain produk, dasar-dasar
kriya, dasar-dasar desain dan kompetensi kejuruan (Tenun, Batik, dsb.).Yudith Nikita Gusti Adiana Yudith Nikita Gusti Adiana