Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:50:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-01T06:29:09Z2019-03-11T01:01:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13788This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/137882015-04-01T06:29:09ZPERBEDAAN KECEERDASAN EMOSIONNAL ANTARRA SISWA AKTIF DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG TIDAK MEENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA KELAS X DI SMAN 2 PLAYEN GUNUNG KIDULLatar belakang dalam penelitian ini ialah kurang efektifnya waktu luang siswa SMAN 2 Playen yang tidak dimanfaatkan dengan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga siswa membuang waktu dan melakukan hal-hal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional antara siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMAN 2 Playen Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif comparative. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas X SMAN 2 Playen yang berjumlah 173, sampel dalam penelitian ini adalah 65 siswa aktif ekstrakurikuler olahraga dan 108 siswa tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan metodenya ialah metode survei. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara siswa aktif ekstrakurikuler olahraga dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga memiliki nilai t hitung 7.782, t tabel 2.00 (df = 60) pada taraf signifikansi 5%, karena t hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan antara siswa aktif ekstrakurikuler olahraga demgan yang tidak mengikuti ekstarkurikuler olahraga. Siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga memliki kecerdasan emosional lebih baik dari pada siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga sebesar 4.56 atau 3.57 %.Ramadhan Yudistira Galih