Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:52:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-23T04:32:03Z2019-10-01T11:53:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33125This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/331252016-05-23T04:32:03ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2015/2016Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengajar sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk menerapkan ilmu, teori, dan keterampilan yang telah didapatkan selama di perguruan tinggi. Praktik Pengalaman Lapangan tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Adapun tempat untuk PPL adalah SD Negeri Tegalpanggung yang beralamat di jalan Tegalpanggung No. 41, Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kegiatan PPL dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi kegiatan serta tindak lanjutnya. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan observasi yang dilanjutkan dengan pembuatan jadwal mengajar dan pembagian guru pamong atau guru pembimbing.Pada tahap pelaksanaan, praktikan diwajibkan melakukan praktik mengajar sebanyak 6 kali dengan rincian yaitu: praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali, praktik mengajar mandiri sebanyak satu kali, dan praktik ujian mengajar sebanyak satu kali. dalam 6 kali mengajar ini mahasiswa diharuskan mencakup materi eksak dan non-eksak. Pelaksanaan praktik mengajar di SD Negeri Tegalpanggung ini menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada proses pembelajarannya.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Tegalpanggung maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.Yudi Rohmat Yudi Rohmat