Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:36:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-14T02:56:54Z2019-01-30T09:34:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34502This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/345022016-06-14T02:56:54ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA
MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAGI SISWA
TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB B.C BHAKTI PUTERA
BAHAGIA KLATENelalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti
PuteraBahagiaKlaten.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan
desain penelitian terdiri dari dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian merupakan anak tunarungu
kelas dasar satu, yang berjumlah 1 anak. Penelitian dilakukan selama satu bulan
dengan tekhnik pengumpulan data termasuk tes, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data yangdigunakan yakni deskriptifkuantitatifdenganpersentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis struktur kata
pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten dapat
ditingkatkan dengan media teka teki silang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan, berupa peningkatan kemampuan dalam penguasaan penulisan
konsep huruf, penguasaan penulisan kata ≤ 6 huruf, dan penguasaan penulisan
kata ≥ 6 huruf. Selain itu, juga terjadi perubahan perilaku seperti kemauan
menyimak pada saat pembelajaran, lebih aktif selama pembelajaran, dan lebih
termotivasi seperti aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada
saat dilakukantest pra tindakan subjek belum mengerti apa yangharus dikerjakan,
dan pada lembar soal masih dibantu dengan titik-titik berbentuk huruf. setelah
diberi tindakan siklus 1 siswa mulai mengerjakan secara mandiri, tetapi belum
belum memenuhi KKM, dilanjutkan dengan pemberian siklus 2. Hasil pencapaian
sebelum penerapan media teka teki silang, nilai rata-rata subjek mencapai nilai
48,3 % pada (pre test), sedangkan setelah diberi perlakuan (post test) nilai ratarata
mencapai 78,3%. Dengan demikian, diketahui bahwa subjek penelitian
mengalami peningkatan nilai rata-rata sejumlah 30%. Dengan peningkatan nilai
rata-rata 30% menunjukkan bahwa nilai peningkatan tersebut termasuk dalam
kualifikasi baik. Hal Ini membuktikan bahwa kemampuan menulis strukutur kata
dapat ditingkatkan melalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB
B.C Bhakti PuteraBahagiaKlaten.Tri YudhaPrasetya