Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:02:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-06T04:33:11Z2019-01-29T19:41:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14356This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/143562015-04-06T04:33:11ZIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV B SD NEGERI PERCOBAAN 3 PAKEMPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik kelas IV B di SD Negeri Percobaan 3 Pakem Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV B telah melaksanakan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik yang telah dilaksanakan meliputi; (1) mengamati, (2) menanya, (3) menalar, (4) mencoba, (5) mengolah, (6) menyimpulkan, (7) menyajikan, dan (8) mengkomunikasikan. Penggunaan metode dan media dalam pembelajaran pun menyesuaikan pada pembelajaran berdasarkan buku pegangan guru. Manfaat dari implementasi pembelajaran tematik integrative dengan pendekatan saintifik yaitu siswa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat memperoleh informasi berdasarkan pengalaman langsung yang dilakukan. Teknik penilaian yang digunakan oleh guru yaitu tes lisan, tes tulis, penugasan dan kinerja.
Kata kunci: pembelajaran tematik integratif, pendekatan saintifikPutranti Yovita Dian