Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:22:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-15T01:39:08Z2017-03-15T01:39:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48031This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/480312017-03-15T01:39:08ZPENGEMBANGAN PHYSICS EDUCATION PUBLISHING (PEPSHI) SEBAGAI INTERACTIVE MOBILE LEARNING BASED CULTURAL CHARACTERISTIC UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA/MATujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar digital (SBD)
berkualitas berbasis android yang diberi nama PEPSHI (Physics Education Publishing) sebagai
media pembelajaran interaktif Based Cultural Characteristic. Android sebagai salah satu produk
teknologi yang dapat menjadi tren saat ini dianggap sebagai sebuah media penyampaian
pembelajaran interaktif yang tepat untuk siswa tingkat SMA/MA karena hampir setiap siswa
menjadikannya sebagai barang yang tidak pernah lepas dari kesehariannya. Penanaman nilai
karakter budaya bangsa dalam PEPSHI menjadi penting sebagai salah satu upaya mendekatkan
siswa dengan budaya agar tidak terkikis oleh perkembangan arus teknologi.
Metode guna mencapai tujuan dalam penelitian ini adalah metode Research and
Development (R & D) dari (Barg & Gall, 1983). Melalui tahapan pengembangan, maka akan
diperoleh keluaran berupa suatu media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan teknologi
android yang diberi nama ―Physics Education Publishing (PEPSHI)” sebagai media
pembelajaran interaktif Based Cultural Characteristic. Tahun kedua akan dikembangkan
penilaian penggunaan PEPSHI dalam kegiatan pembelajaran. Tahun ketiga akan dilaksanakan
implementasi PEPSHI yang telah dikembangkan selama dua tahun sebelumnya dan akan dilihat
pengaruhnya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMA/MA. PEPSHI diharapkan dapat
membentuk lingkungan belajar yang dapat diakses di mana saja, dari mana saja, dan kapan saja
dengan demikian diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang memberikan kontribusi
dan solusi dalam menjawab permasalahan pembelajaran khususnya fisika dan meningkatkan
kualitas mutu pendidikan yang ada di Indonesia.
Penelitian telah menghasilkan lima mahasiswa menyelesaikan tesis.. Satu artikel sudah
disubmit ke Indian Journal of Science and Technology (terindeks Thompson Reuters, Scopus,
SJR). Satu artikel telah terbit di American Journal of Engineering Science (terindeks DOAJ).
Dua mahasiswa telah mempresentasikan makalah di symposium nasional inovasi pembelajaran
sains ITB 2016. Satu orang sudah presentasi seminar internasional di UPI Bandung. Diharapkan
empat mahasiswa mensubmit artikelnya di jurnal internasional. Saat ini sedang diurus untuk
memperoleh Hak Cipta dari karya mereka.Kuswanto Heruherukus61@gmail.comSumardi Yosaphat2017-02-14T02:35:32Z2017-02-14T02:35:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47059This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/470592017-02-14T02:35:32ZKAJIAN MULTI LAND DISASTER DENGAN PENDEKATAN MIKROTREMOR
PADA KAWASAN PERBUKITAN MENOREH KULON PROGO
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTATelah dilakukan pengukuran sinyal mikrotremor di kawasan Kulonprogo bagian selatan untuk
mendapatkan karakteristik seismik berupa: frekuensi predominan, faktor amplifikasi, ketebalan
sedimen, indeks kerentanan seismik, percepatan getaran tanah maksimum dan nilai pergeseran
tanah. Pengukuran dilakukan di 20 titik yang tersebar pada area dengan koordinat geografis
110.07° BT – 110.26° BT dan 7.80° LS – 7.94° LS. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio). Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa frekuensi predominan berada pada kisaran nilai 0,96 – 12,63 Hz, faktor
amplifikasi berada pada kisaran 2,32 – 6,09, ketebalan sedimen berada pada kisaran 5 – 70 m,
indeks kerentanan seismik berada pada kisaran 0,3 × 10
-6
– 21,0 × 10
-6
s
2
/cm, nilai percepatan
getaran tanah maksimum berada pada kisaran 67,8 – 298,5 cm/s
2
dan nilai pergeseran tanah
berada pada kisaran 0,6 × 10
-4
– 16,7 × 10
.Ruwanto BambangSumardi YosaphatDarmawan Denny2014-11-07T04:28:30Z2014-11-07T04:28:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11480This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/114802014-11-07T04:28:30ZTHE COMPARATION STUDY OF LABORATORY EXPERIMENT AND
COMPUTER SIMULATION METHODS IN INCREASING STUDENTS’
COGNITIVE ACHIEVEMENT AND SCIENCE PROCESS SKILLS ON THE
TOPIC OF LINEAR MOTIONThis research aims to compare the effectiveness of laboratory experiment and computer
simulation methods in the teaching-learning of physics. It can done by testting the difference of cognitive
achievement and science process skills for students who learn physics, on the topic of linear motion, by
using laboratory experiment and computer simulation methods. This topic includes motions along a
straight line with a constant velocity and a constant acceleration.
The research method was a quasi-experiment with pretest-posttest experimental group design. It
was conducted in SMAN 2 Wates. The population was all students in this school and the sample was the
X-grade students. The sampling technique was the cluster random sampling. After drawing lots, the X-Agrade student was the experiment group using simulation and the X-C-grade student was the experiment
group using experiment laboratory. Data were collected by using pretest and posttest, based on students’
cognitive achievement and science process skills. Data analysis method to test hypothesis was Manova
(Multivariate Analysis of Variance). Before hypothesis testing, the pre-requisite analysis was done, that is
the normality of data distribution and variance homogeneity.
This research shows that (1) there were the increasing differences of cognitive achievement and
science process skills between students who learn physics on the topic of linear motion by using
laboratory experiment and computer simulation methods; (2) the laboratory experiment method was more
effective than the computer simulation.Sumardi YosaphatKhasanah DyahUtami TitinIstikhomah Novia