Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:36:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-16T04:22:14Z2019-10-01T11:53:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34884This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/348842016-06-16T04:22:14ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 11 SEPTEMBER 2015
SMA NEGERI 1 MERTOYUDANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi
kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk
memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan
mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari
lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa
didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan
dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam
dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1
Mertoyudan mulai tanggal 10 Agustus hingga 11 September 2015. Kegiatan yang
telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan RPP, dan pembuatan media
pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek
mengajar dimulai dari tanggal 11 Agustus 2014 sampai tanggal 3 September 2015.
Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Selasa (Jam ke 1, 2, 3) di kelas XI
IPA 4 dan (jam ke 4, 5, 6) di kelas XI IPA 3 serta Kamis (Jam ke 1, 2, 3) di kelas XI
IPA 1 dan (jam ke 10, 11, 12) di kelas XI IPA 2 mengajar pelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga Kesehatan dengan materi “Permainan Bola Besar, Atletik dan
Senam Lantai” (Mempraktikan permainan sepak bola, bola voli, jalan cepat dan
guling depan). Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Terbimbing.
Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun
ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut
dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun,
hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan
programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak lepas dari
adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, guru, karyawan dan siswa SMA
Negeri 1 MertoyudanYogi Ardi Setiawan Yogi Ardi Setiawan