Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:22:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-29T01:02:47Z2019-10-01T11:43:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48348This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/483482017-03-29T01:02:47ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMAN 1 Imogiri
selama 2 bulan sejak 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sekolah yang menjadi
tujuan PPL beralamat di Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.
Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa diharapkan dapat terlatih kemampuannya
dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru, serta
ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang
bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan
praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran
microteaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi
sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMAN 1
Imogiri. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai
program kerja yang akan dilaksanakan. Program Kerja PPL yang direncanakan oleh
mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekrasi (PJKR) di SMAN 1
Imogiri Tahun 2016 ini meliputi: (1) program mengajar, seperti observasi kelas, diskusi
RPP dengan teman, membuat RPP, diskusi dengan guru tentang RPP, materi ajar dan
lainnya, membuat media pembelajaran, membuat soal tugas atau latihan, pelaksanaan
praktik mengajar, evaluasi pelaksanaan mengajar dengan guru dan mendata nilai siswa;
(2) program non mengajar, meliputi upacara di sekolah atau hari besar, pendampingan
ekstrakulikuler, piket guru, membantu kegiatan di sekolah, rapat kelompok, dan
penyusunan laporan PPL.
Program kerja PPL di SMAN 1 Imogiri telah terlaksana dengan baik, walaupun
terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan
dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi
dengan guru pembimbing. Selain itu, program mengajar di kelas memiliki tantangan
juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda. SMAN 1 Imogiri
pun memiliki daerah yang dikelilingi oleh perbukitan dan tergolong wilayah dengan
sedikit polusi udara karena letak SMAN 1 Imogiri di tengah desa jauh dari keramaian
jalan. Sehingga kegiatan pembelajaran Penjas terasa cukup aman dan nyaman. Sarana
dan Prasaran Olahraga di SMAN 1 Imogiri pun cukup memadai sehingga anak anak
termotivasi dalam melakukan pembelajaran penjas. Selain itu mahasiswa PPL
dimudahkan juga oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai di SMAN 1 Imogiri
ini, sehingga mahasiswa tidak terlalu banyak membuat bahan atau media pembelajan
untuk siswa. SMAN 1 Imogiri memiliki siswa yang sangat beragam dan setiap kelas
memiliki ciri khas yang berbeda sehingga sangat tepat apabila sekolah ini menjadi
sekolah yang dijadikan Praktik Pengalaman Lapangan oleh mahasiswa UNY.Yoga Utama Yoga Utama