Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:58:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-23T04:30:21Z2019-10-01T12:08:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52376This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523762017-08-23T04:30:21ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DI SMK N 3 YOGYAKARTAKegiatan yang dilakukan program PPL adalah mengajar mata pelajaran
Teknik Listrik Dasar Otomotif selama kurang lebih tiga bulan dimulai tanggal 2 Juli
2013 sampai dengan 17 September 2013. Tetapi dalam pelaksanannya program PPL
hanya efektif pada 1 bulan terakhir karenan terbentur dengan kegiatan penerimaan
siswa baru dan kegiatan ramadan. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan di
kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), materi, slide power point, alat peraga dan modul yang
digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran Teknik Listrik Dasar
Otomotif.
Kemampuan yang diajarkan dalam mata pelajaran Teknik Listrik Dasar
Otomotif yaitu teori atau materi pemahaman konsep, latihan menghitung dan praktik.
Metode yang digunakan untuk mengajar bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan
demonstrasi. Media pembelajaran meliputi modul atau materi yang bersumber dari
buku, power point, alat peraga multi meter. Hasil pembelajaran diketahui dengan alat
evaluasi berupa latihan soal, ulangan harian beserta analisis hasilnya.
Setelah pelaksanaan kegiatan PPL mampu merasakan secara langsung proses
belajaran mengajar di dalam kelas dengan kondisi yang lebih nyata, memberikan
pengalaman dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan
kesempatan untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait
dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu,
pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di
sekolah.Yoga Prayogi Yoga Prayogi