Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:41:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-01T01:24:29Z2019-10-01T11:53:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35843This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/358432016-07-01T01:24:29ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 SLEMANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA N 1 Sleman,
berlokasi di Jalan Magelang Km. 14 Medari, Caturharjo, Sleman ini bertujuan untuk
meningkatkan potensi, bakat dan minat peserta didik guna menunjang proses belajar
mengajar, membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung
proses belajar mengajar. Mahasiswa mulai aktif penuh di sekolah sebagai tanda
pelaksanaan PPL, terhitung dari tanggal 10 Agustus - 12 September 2015.
Pelaksanaan PPL diawali dengan kegiatan observasi sekolah, perencanaan program,
konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL),
serta kegiatan terakhir adalah penetapan program.
Pada kegiatan PPL di SMA N 1 Sleman ini, mahasiswa mengajar di tujuh
kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5, XI IIS 1,
dan XI IIS 2 untuk materi Pranatacara dan Campursari. Untuk masing-masing
kelas, mahasiswa mendapat kesempatan mengajar selama 2 jam setiap pekan. Selain
praktik mengajar, mahasiswa juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang
memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru bahasa Jawa.
Selama pelaksanaan program PPL ini dapat disimpulkan bahwa target
penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai dalam yaitu sebanyak 231
jam dan materi yang harus disampaikan telah mencapai target Kompetensi Dasar
(KD) yang telah ditentukan. Namun begitu dalam pelaksanaannya tentu saja ada
beberapa hambatan-hambatan yang ditemui sepanjang melaksanakan kegiatan PPL.
Oleh karena itu, diperlukan komunikasi, dedikasi, dan loyalitas dalam pelaksanaan
pengajaran sehingga guru dan peserta didik dapat terjadi proses transfer pengetahuan
yang optimal. Dengan demikian diharapkan tujuan dari program-program yang
dilaksanakan mampu bermanfaat bagi sekolah.Yeni Rahayuningsih Yeni Rahayuningsih