Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:50:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-10-27T01:44:36Z2019-01-30T15:27:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53587This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/535872017-10-27T01:44:36ZTHE EFFECTIVENESS OF METACOGNITIVE APPROACH IN
LEARNING PHYSICS REVIEWED FROM CREATIVE THINKING
SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTSPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan
kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan sikap kreatif antara peserta didik
yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif dengan
pendekatan konvensional, (2) pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan
metakognitif dan konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
ciri aptitude dan sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika materi gerak
harmonik sederhana.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental)
dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Wates. Sampel penelitian diambil dengan
teknik cluster random sampling dari empat kelas dengan hasil kelas X MIA 3
sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen
pengumpulan data berupa pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif, serta
angket sikap kreatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t untuk
data hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan Uji Mann-Whitney untuk data sikap
kreatif, serta nilai standar gain.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan peningkatan
kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan tidak terdapat perbedaan
peningkatan sikap kreatif antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran
menggunakan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional. (2)
Pendekatan konvensional lebih efektif dari pendekatan metakognitif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude peserta didik. Pendekatan
metakognitif dan pendekatan konvensional sama pengaruhnya dalam
meningkatkan sikap kreatif peserta didik.Monica Yasya AlifiaYusman Wiyatmo