Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:28:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-10T03:32:20Z2019-10-01T11:43:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51844This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/518442017-08-10T03:32:20ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 2 WONOSARIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan untuk
memperoleh gelar sarjana. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon
guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang
profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016 adalah SMK
Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek,
Wonosari, Gunungkidul.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan.
Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran dan budaya sekolah,
konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP,
silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL,
penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi
kompetensi kejuruan “Menggambar Dengan Perangkat Lunak” Praktik mengajar
dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, dengan
menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 6 jam pelajaran tiap minggu.
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar
bertindak dan bersikap sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan
pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk menambah sarana
dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar, khususnya dalam
mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak karena masih banyak siswa yang
tidak bisa menggunakan komputer dikarenakan tidak beroperasi dengan baik. Selain
itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas
bimbingannya terhadap mahasiswa PPL terkait metode yang sering digunakan di dalam
kelas dan juga dapat menyampaikan kekeliruan yang mahasiswa lakukan sehingga
setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap
menjadi tenaga pendidik.Yan Permana Yan Permana