Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:36:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-29T00:12:48Z2019-10-01T11:43:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48342This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/483422017-03-29T00:12:48ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA N 1 IMOGIRIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah wajib yang
harus ditempuh mahasiswa jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik
Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa memiliki pengalaman yang
nyata di dunia pendidikan yaitu dalamproses belajar mengajar di lingkungan sekolah.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga diharapkan dapat menjadi bekal untuk
meahasiswa dalam menerapkan di dunia pendidikan dan dapat dikembangkan sebagai
tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan berkualitas.Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) dilaksanakan pada semeseter khusus tahun 2016 di SMA N 1 Imogiri,
Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dilakukan
selama 2 bulan di SMA N 1 Imogiri.
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diawali dengan mahasiswa
melakukan observasidi sekolah. Observasi yang dilakukan mahasiswa PPL yaitu dengan
melihat secara langsung KBM di kelas oleh guru bidang studi masing-masing. Selain itu di
kampus dilaksanakan kegiatan mengajar bersama dosen micro teaching dan para
mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Micro teaching yang
dilaksakan di kelas khusus untuk praktik mengajar di depan kelas yang didampingi oleh
dosen micro teaching dan juga rakan-rekanita mahasiswa PPL dalam satu kelompok kelas
micro teaching. Micro teachng diharapkan bisa menjadi bekal dan mematangkan
mahasiswa dalam melaksanakan kegiatn Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA N 1 Imogiri
dimulai pada tanggal 16 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan belajar
mengajar dilakukan di kelas XI-IPS-1 dan XI-IPS-2 sesuai dengan kebijakan yang
diberikan oleh guru pembimbing. Mahasiswa PPL dari Pendidikan Geografi dibimbing oleh
guru pembimbing mata pelajaran geografi yaitu Ibu Dwi Purwanti, S.Pd. Praktik mengajar
dilakukan dengan berbagai persiapan yaitu mulai dari penyusunan RPP, materi
pembelajaran, media pembelajaran, tugas, hingga kisi-kisi dan pembuatan soal ulangan
serta analisis butir soal.Dari hasil akhir hingga analis butir soal dan nilai akhir dapat untuk
mengetahui sejauh mana peserta didik mampu mencerna dan memahami mata pelajaran
geografi yang telah disampaikan mahasiswa PPL UNY 2016 jurusan pendidikan geografi.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama dua bulan ini, hasilnya yaitu
memberikan pengalaman dan gambaran yang cukup untuk mahasiswa PPL sebagai bekal
mengajar. Pelaksanaan PPL diharapkan mampu menjadi bekal mahasiswa PPL mengenai
bagaimana menjadi seorang guru yang berkualitas, dedikasi dan profesional padai instansi
terkait. Hal terpenting adalah menjadi seorang guru adalah tugas yang mulia dimana guru
tidak hanya mendidik namun juga membimbing peserta didik dalam bidang akademis, non
akademis, moral, mental dan juga akhlak yang terbangun dengan kualitas yang baik.
Seorang guru semaksimal mungkin harus menjadi teladan bagi peserta didik dan juga harus
profesional.Yan Budiarti Yan Budiarti