Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:46:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-01-16T03:21:09Z2019-05-08T03:27:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62441This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/624412019-01-16T03:21:09ZEfektivitas Penggunaan Media Animasi terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA N
4 YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan
media animasi dan media konvensional dalam pembelajaran ekonomi terhadap
motivasi belajar siswa, dan (2) perbedaan penggunaan media animasi dan media
konvensional dalam pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment
research), dengan populasi siswa kelas X IPS di SMA N 4 Yogyakarta yang
terbagi dalam tiga kelas. Sebagai sampel diambil sebanyak 64 orang siswa yang
ditentukan dengan teknik random sampling, terdiri atas 34 orang siswa kelas IPS 3
sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas IPS 2 sebagai kelas kontrol.
Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penggunaan media animasi, sedangkan
kelas kontrol tidak diberi perlakuan dengan penggunaan media konvensional.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data
menggunakan uji Beda (t-Test) untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media animasi
dalam pembelajaran ekonomi lebih baik dibandingkan dengan media
konvensional terhadap motivasi belajar siswa. (2) penggunaan media animasi
dalam pembelajaran ekonomi lebih baik dibandingkan dengan media
konvensional terhadap hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil uji Beda (tTest)
pada
nilai
signifikansi
0.000<
0.005,
maka
dapat
disimpulkan
bahwa
secara
keseluruhan
penggunaan media animasi memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, media animasi, motivasi, hasil belajar.Rizki Fakhrul Yahya