Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:46:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-09-04T09:13:33Z2019-09-04T09:13:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65661This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/656612019-09-04T09:13:33ZPENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 – 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah motivasi belajar, gaya belajar, prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018 sebanyak 250 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda.
Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016- 2018. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,135 atau 13,5% dapat diartikan bahwa 13,5% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan gaya belajar, sedangkan sisanya sebesar 86,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi BelajarYUSUP YUSUP TIRTO AGUNG LAKSONO13104241029@student.uny.ac.id