Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:21:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-27T00:21:25Z2019-01-29T21:39:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17472This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/174722015-04-27T00:21:25ZPENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATERI JENIS
DAN BENTUK BADAN USAHA UNTUK
SISWA SMK KELAS XPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik Akuntansi
sebagai media pembelajaran inovatif pada materi jenis dan bentuk badan
usaha untuk siswa SMK kelas X. 2) Mengetahui kelayakan komik Akuntansi
sebagai media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli
media dan uji coba pada siswa SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and
development) dalam pembelajaran Akuntansi SMK. Tahapan penelitian dan
pengembangan komik Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define
atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau
tahap pengembangan dan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Validasi
komik Akuntansi dilakukan oleh dosen ahli media, dan dosen serta guru
akuntansi sebagai ahli materi. Media yang dikembangkan diujicobakan pada
36 siswa SMK kelas X. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan angket. Data yag didapat dari angket dianalisis secara deskriptif
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik Akuntansi sebagai media
pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata
skor 4,30 termasuk dalam kategori sangat layak diajdikan sebagai media
pembelajaran inovatif, penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata
skor 4,72 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media
pembelajran inovatif. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran Akuntansi
yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor
4,47 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran
inovatif. Dengan demikian, komik Akuntansi yang dikembangkan sangat
layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif SMK.
Kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik
AkuntansiEKA YUNIASTUTI