Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:05:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-03T02:38:17Z2019-01-29T17:21:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8040This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80402012-12-03T02:38:17ZPENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTATujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Minat Belajar
terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi
Angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta (2) Mengetahui Pengaruh
Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta (3) Mengetahui
Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap
Prestasi Belajar Mahsasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008
Universitas Negeri Yogyakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi angkatan 2008 kelas reguler (A) dan kelas non-reguler (B) yang
seluruhnya berjumlah 91 mahasiswa. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih
dahulu dilakukan uji coba penelitian dan uji prasyarat analisis. Uji coba penelitian
meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji
linieritas, uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, sumbangan efektif dan
sumbangan relatif dengan menggunakan variabel Minat Belajar (X1), Motivasi
Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program
Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta, yang
ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,012 dengan tingkat signifikansi
dibawah 0,05 (0,008 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta, yang ditunjukkan
dengan koefisien regresi sebesar 0,008 dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05
(0,045 < 0,05). 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat
Belajar dan motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 Universitas
Negeri Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan Fhitung sebesar 3,678 dengan tingkat
signifikansi dibawah 0,05 (0,029 < 0,05)
Kata Kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.FIRDAUS YULIAN AGUNG