Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:41:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T03:16:19Z2019-10-01T12:05:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37065This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/370652016-07-22T03:16:19ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA
YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang
bertujuan membekali mahasiswa kelak dalam menghadapi dunia kerja. Kegiatan
ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan ketrampilan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner kedalam pembelajaran disekolah ataupun lembaga pendidikan.
Kegiatan PPL diawali dengan micro teaching sebagai pelatihan mahasiswa
sebelum terjun ke PPL. Laporan ini berisi tentang kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPL PLS FIP UNY
tahun 2014. Kegiatan PPL PLS FIP UNY berlokasi di UPT SKB KOTA
YOGGYAKARTA dengan alamat di Jalan Bung Tardjo No. 9A Yogyakarta, yang
dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014.
Program PPL yang dilaksanakan berawal dari hasil observasi dan
identifikasi kebutuhan yang ada di UPT SKB KOTA YOGYAKARTA dengan
alamat di Jalan Bung Tardjo No. 9A Yogyakarta. Adapun tahap-tahap yang kami
lakukan adalah planning, organizing, actuating, contrloing dan evaluation.
Bentuk persiapan kami lakukan semasa pra PPL berupa pembelajaran secara
khusus yang berupa perkuliahan micro teaching selama 16 kali pertemuan
dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan. Secara garis besar, program
PPL yang kami lakukan adalah sebagai berikut : Program utama dalam kegiatan
PPL yang kami laksanakan ialah praktek pendampingan di KB SALMA binaan
UPT SKB KOTA YOGYAKARTA, Pendampingan kesetaraan, serta pengelolaan
program-program yang ada di SKB. Untuk lebih meningkatkan mutu dari
kegiatan PPL di lembaga maka lembaga perlu mempertahankan hubungan
dengan pihak UNY yang telah terjalin dengan baik selama ini. Saran belajar
perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.
Hasil dari kegiatan PPL yang kami lakukan adalah berupa pembelajran
di PAUD KB SALMA, pendampingan proses pembelajaran kesetaraan paket C,
proses pembelajaran dan mengelola program di UPTD SKB KOTA
YOGYAKARTA, pengalaman mengelola pelatihan parenting, pelatihan
holtikultura, pelatihan tata boga, pelatihan komputer, dan revitalisasi sarana
dan prasarana TBM Sumber Ilmu, pemberian motivator program kesetaraan
paket C, Pengawasan UNPK Paket C khusus ABK, Koreksi EHB Program
Kesetraan paket C, Pembenahan APE PAUD KB ”SALMA”, Pemanfaatan botol
bekas sebagai media tanam untuk PAUD KB “SALMA”. Harapan kami apa
yang telah kami laksanakan di lokasi PPL dapat bermanfaat bagi lembaga dan
masyarakat yang bersangkutan dan bagi mahasiswa PPL semoga dapat
mengambil hikmah sesuai dengan ilmu yang di dapat dan harapan kedepan
semoga PPL dapat lebih baik dan maju.YANUAR DIAH LAVETY YANUAR DIAH LAVETY