Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:37:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-02T00:42:52Z2015-07-03T01:15:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21939This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/219392015-07-02T00:42:52ZPENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH BERBASIS PERMENEG PAN DAN RB NO. 16 TAHUN 2009 PADA GURU IPS KOTA SEMARANGPenelitian ini bertujuan mengembangkan model pelatihan publikasi ilmiah guru IPS SMP Kota Semarang. Pengembangan model pelatihan publikasi ilmiah berbasis Permeneg PAN & RB Nomor 16 Tahun 2009 dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan model dan tahap evaluasi. Tahap pendahuluan merupakan kegiatan pengumpulan data, menggunakan natural setting dengan teknik pengumpulan data In-depth Interview, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis deskriptif untuk menemukan model faktual. Tahap pengembangan, dengan menganalisis model factual untuk merencanakan pengembangan model pelatihan yang ideal dengan expert judgment. Tahap evaluasi digunakan untuk menguji kelayakan implementasi pengembangan model hipotetik menjadi model final melalui Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan publikasi ilmiah dilaksanakan berbasis kebijakan dan ketersediaan anggaran pemerintah. Sebanyak 51,85% responden belum pernah mengikuti pelatihan publikasi ilmiah. Kebutuhan guru IPS adalah kesempatan untuk mengikuti pelatihan, kepakaran nara sumber, dukungan dana dan fasilitas dari pemangku kepentingan, dan pendampingan secara berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga dibutuhkan pola kerja sama berbentuk lembaga kemitraan.Marhaeni Dwi Satyarinimarhaenids@yahoo.comEko Heri WidiastudiY. Suharso Y. Suharso