Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:04:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T03:30:32Z2019-01-29T18:25:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9976This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/99762013-02-05T03:30:32ZMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGTURI PURBALINGGAPenelitian bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif peneliti membantu kegiatan guru dan mengobservasi aktivitas guru serta siswa. Subjek siswa kelas V berjumlah 32 siswa, 17 laki-laki dan 15 perempuan. Objek meningkatkan prestasi belajar IPS. Desain model spiral Kemmis & Mc Taggart dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi tes divalidasi secara expert judgment. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif tes dan deskriptif kualitatif observasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V. Peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas 50 persentase ketuntasan 0 %. Pada siklus I nilai meningkat 60,15 persentase ketuntasan 46,87 %. Pada siklus II nilai 68,43 persentase ketuntasan 84,37 %. Hasil observasi menunjukan aktivitas guru sudah dapat menerapkan pembelajaran bervariasi, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mejadi lebih aktif semangat belajar serta suasana menyenangkan.
Kata Kunci : Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions, siswa kelas V SD.
Tulus Widianto