Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:33:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-21T02:05:16Z2019-01-30T04:28:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27252This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/272522015-10-21T02:05:16ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN MELALUI MOBIL
KELILING DI PKBM ARGOWILIS DESA SOKAWERA CILONGOK
BANYUMASPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi program
pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa Sokawera
Cilongok Banyumas, 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam
pelaksanaan pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa
Sokawera Cilongok Banyumas.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif . Subyek
penelitian adalah pengelola, tutor, dan warga belajar pendidikan kesetaraan di PKBM
Argowilis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan
atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama
dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman
wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah
display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan
untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran
pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling meliputi: persiapan program dimulai
dengan persiapan awal yaitu sosialisasi program dan rekruitmen tutor, kemudian
ditindaklanjuti dengan persiapan komponen pembelajaran meliputi identitas mata
pelajaran, materi pokok, strategi pembelajaran, media, sumber belajar dan kompetensi
dasar. Pelaksanaan meliputi beberapa komponen yaitu warga belajar, kurikulum,
strategi pembelajaran, sumber belajar, tutor, penilaian dan evaluasi, 2) Faktor
pendukung dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan yaitu tutor yang
memiliki semangat serta kepedulian dan kerja sama yang baik dengan pengelola dan
masyarakat, kesadaran warga belajar akan pentingnya pendidikan dan motivasi yang
tinggi, dukungan positif dari seluruh warga masyarakat, antusiasme belajar yang
tinggi. Faktor penghambat meliputi : Fasilitas operasional mobil keliling yang
terbentur oleh keterbatasan dana, kepentingan sosial yang sering kali menghambat
jalannya pembelajaran, kondisi medan yang sangat sulit untuk akses mobil keliling,
dana atau biaya untuk gaji tutor sangat tidak menentu.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Kesetaraan, Mobil kelilingWidi Widi Prasetio2015-10-21T00:57:31Z2019-01-30T04:28:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27243This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/272432015-10-21T00:57:31ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN MELALUI MOBIL KELILING DI PKBM ARGOWILIS DESA SOKAWERA CILONGOK BANYUMASPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi program
pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa Sokawera
Cilongok Banyumas, 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam
pelaksanaan pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa
Sokawera Cilongok Banyumas.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif . Subyek
penelitian adalah pengelola, tutor, dan warga belajar pendidikan kesetaraan di PKBM
Argowilis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan
atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama
dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman
wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah
display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan
untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran
pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling meliputi: persiapan program dimulai
dengan persiapan awal yaitu sosialisasi program dan rekruitmen tutor, kemudian
ditindaklanjuti dengan persiapan komponen pembelajaran meliputi identitas mata
pelajaran, materi pokok, strategi pembelajaran, media, sumber belajar dan kompetensi
dasar. Pelaksanaan meliputi beberapa komponen yaitu warga belajar, kurikulum,
strategi pembelajaran, sumber belajar, tutor, penilaian dan evaluasi, 2) Faktor
pendukung dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan yaitu tutor yang
memiliki semangat serta kepedulian dan kerja sama yang baik dengan pengelola dan
masyarakat, kesadaran warga belajar akan pentingnya pendidikan dan motivasi yang
tinggi, dukungan positif dari seluruh warga masyarakat, antusiasme belajar yang
tinggi. Faktor penghambat meliputi : Fasilitas operasional mobil keliling yang
terbentur oleh keterbatasan dana, kepentingan sosial yang sering kali menghambat
jalannya pembelajaran, kondisi medan yang sangat sulit untuk akses mobil keliling,
dana atau biaya untuk gaji tutor sangat tidak menentu.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Kesetaraan, Mobil kelilingWidi Widi Prasetio