Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:14:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-06T01:35:19Z2019-01-29T18:20:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9842This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/98422013-02-06T01:35:19ZUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III PADA MATERI PECAHAN DALAM TEMA PEKERJAAN
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KERTAS KARTON
BERWARNA DI SDN DEPOK 1Pembelajaran matematika yang kurang memanfaatkan alat peraga sebagai
media pembelajaran menjadikan siswa kelas III SD N Depok 1 menjadi bosan dan
dan tidak tertarik sehingga menyebabkan tidak adanya peningkatan prestasi
belajar. Keadaan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh dengan aktifitas
menjadikan siswa tidak bosan dan tertarik untuk belajar sehingga materi dapat
dengan mudah diserap. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk
melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar matematika
khususnya pada materi pecahan dengan alat peraga kertas karton berwarna.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Depok 1 dengan subyek siswa
kelas III pada semester kedua tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini
menggunakan dua siklus pembelajaran dimana tiap siklusnya dilaksanakan
sebanyak tiga kali pertemuan dilanjutkan tes siklus. Metode pengumpulan data
yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes. Observasi
dilakukan untuk mengamati aktifitas siswa selama proses pembelajaran yang
meliputi dua aspek yaitu aspek positif dan aspek negatif. Sedangkan tes digunakan
untuk mengetahui peningkatan prestasi yang dilihat dari perolehan nilai hasil tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan
meningkatnya perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran dengan kategori
baik dan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas > 65 dan dicapai minimal
70% dari keseluruhan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika kelas III
khususnya pada materi pecahan dalam tema pekerjaan dimana setelah diberikan
tindakan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga kertas karton berwarna
mengalami peningkatan dan dinyatakan berhasil mencapai indikator keberhasilan
dalam dua siklus pembelajaran. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan
hanya sebesar 52,6 dengan tingkat ketuntasan hanya 38% naik menjadi 66,4 dengan
ketuntasan belajar sebesar 65% pada siklus I, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata
kembali naik menjadi 74,9 dengan ketuntasan sebesar 79%. Sedangkan untuk
penilaian aktifitas siswa selama siklus I dan siklus II terus mengalami peningkatan
untuk aspek positif dan penurunan pada aspek negatif dimana kedua aspek tersebut
dapat mencapai kategori Sangat Baik.
Kata kunci : prestasi belajar matematika, alat peraga kertas karton berwarnaNugroho Widi