Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:57:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-28T09:28:17Z2019-01-29T16:45:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6363This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63632012-09-28T09:28:17ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
KELAS VIID SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika
melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share
sehingga prestasi belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten
dapat meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno
Klaten yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengamatan secara langsung untuk mengetahui proses dan aktivitas pembelajaran
melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share.
Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan/ respon siswa terhadap proses
pembelajaran yang dilaksanakan, wawancara untuk hal-hal yang tidak dapat atau
kurang jelas diamati pada saat pengamatan berlangsung meliputi kesesuaian
metode Think-Pair-Share dengan karakteristik siswa, kendala yang dihadapi
dalam penggunaan metode Think-Pair-Share, saran dalam menggunakan metode
Think-Pair-Share selanjutnya. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat
pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dokumentasi untuk
memberikan gambaran secara konkret mengenai aktivitas belajar siswa serta
memperkuat data yang diperoleh dalam pengamatan/ observasi. Penelitian ini
merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara
kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bekerjasama atau berkolaborasi dengan salah
satu guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode
Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas
belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten.
Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh data bahwa untuk pertemuan I rata-rata
aktivitas siswa sebesar 57% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk Pertemuan
II rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 79.63% dengan kategori sangat
tinggi. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 60,75 menjadi 86,94. Respon
siswa terhadap penyampaian materi sebesar 82,98 % dengan kriteria sangat tinggi,
respon siswa terhadap kerja kelompok secara berpasangan sebesar 60,87% dengan
kriteria tinggi, respon siswa terhadap kegiatan presentasi hasil kerja kelompok
secara berpasangan sebesar 59,49 % dengan kriteria tinggi, sedangkan respon
siswa terhadap mengerjakan soal dan tugas sebesar 60,87 % dengan kriteria
tinggi. Tri Wibowo