Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:07:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-22T12:20:21Z2019-01-30T03:36:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26459This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/264592015-09-22T12:20:21ZPERANCANGAN GAME EDUKATIF
BERTEMA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAIABSTRAK
Penulisan tugas akhir karya seni ini bertujuan untuk mendeskripsikan
konsep visual, proses visualisasi, dan hasil visualisasi game edukatif bertema
kebersihan lingkungan sungai.
Perancangan game edukatif ini melalui tahapan pengumpulan data
berupa observasi dan dokumentasi dari data-data yang telah tersedia sebagai
pertimbangan perwujudan, dengan studi pustaka, mencari teori-teori terkait, dari
buku, serta dari data-data terpercaya dari internet. Data kemudian dianalisis dengan
menginterpretasikan bahaya membuang sampah di sungai dan cara membersihkan
sungai ke dalam bentuk visual dan dirangkai menjadi game edukatif bertema
kebersihan lingkungan sungai. Langkah visualisasi menggunakan teknik manual
dan digital painting dengan software Corel Draw X6. Bentuk yang digunakan
adalah bentuk yang sederhana tanpa detil rumit serta penggunaan garis lengkungan
agar menciptakan kesan luwes. Warna dominan yang digunakan adalah warna cerah
dan menonjol untuk memberikan kesan ceria serta menarik perhatian. Desain final
berisikan keseluruhan komponen game edukatif yang sudah siap disajikan, setelah
diproses menggunakan software Adobe Flash CS6.
Hasil visualisasi karya berupa game edukatif ini terdiri dari 2 tahapan,
yaitu animasi dan game. Dalam tahapan pertama yaitu animasi, audience
mendapatkan pengetahuan tentang bahaya membuang sampah di sungai, kemudian
di lanjutkan dengan tahapan kedua yaitu game membersihkan sungai dari sampah.
Game edukatif merupakan ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan sungai,
sehingga diberi judul “Let’s Clean the River”Merry Wensin