Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:33:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-01-30T04:40:34Z2020-01-30T04:40:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67327This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/673272020-01-30T04:40:34Zengembangan Multimedia Learning Modules (MLM) Berbasis Kearifan Lokal Upacara Larung Sesaji Untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Usaha dan EnergiPenelitian ini dilakukan untuk: (1) menghasilkan multimedia learning modules (MLM) berbasis kearifan local Upacara Larung Sesaji yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar fisika, (2) mengetahui keefektifan penggunaan MLM dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor peserta didik SMA pada materi usaha dan energi dan (3) mengetahui profil kemampuan pengguna MLM dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor peserta didik SMA pada materi usaha dan energi
Peneliti menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dalam pengembangan penelitian. 30 peserta didik kelas XI digunakan sebagai subjek uji coba terbatas dan 90 peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Petanahan tahun ajaran 2018/2019 sebagai subjek uji lapangan. Desain yang digunakan adalah pretes-postes control group design. Penelitian ini menggunakan 2 tipe instrument penelitian yaitu instrument non tes dan intrumen tes. Intrumen non tes terdiri dari lembar penilian produk dan materi. Instrument es terdiri dari soal essay pretes dan postes untuk menilai kemampuan representasi matematis dan vector peserta didik kelas X. Teknik Aiken’s V, skala baku dan General Linear Model dengan taraf signifikasin 5% diperoleh sebagai teknik analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) MLM berbasis kearifan lokal larung sesaji layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli, guru, teman sejawat dan respon siswa. Tingkat kelayakan MLM adalah baik; (2) MLM berbasis kearifan lokal upacara larung sesaji efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor dengan nilai mean differences sebesar -25.37 dan - 37,185. Selain itu, besar sumbangan efektif MLMs untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor secara berturut-turut adalah 50,4% dan 63,3%; (3) Profil kemampuan representasi matematis peserta didik pengguna MLM adalah 5 peserta didik mendapatkan kategori nilai B, 19 peserta didik mendapatkan kategori C dan 2 peserta didik mendapatkan kategori D sedangkan profil kemampuan representasi vektor peserta didik pengguna MLM adalah 3 peserta didik mendapatkan nilai kategori A, 11 peserta didik mendapatakan nilai kategori B, 12 peserta didik mendapatkan nilai kategori C dan 1 peserta didik mendapatkan nilai DAhdika SetiyadiWarsono Warsono2019-10-23T02:43:45Z2019-10-23T02:43:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66286This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/662862019-10-23T02:43:45ZPengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Kearifan Lokal Lomba Dayung Tradisional Untuk Meningkatkan Representasi Diagram dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia learning modules (MLMs) berbasis kearifan lokal lomba dayung tradisional yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika, dan (2) mengetahui efektifitas penggunaan MLMs berbasis kearifan lokal lomba dayung tradisional dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor siswa SMA pada materi momentum dan impuls.
Penelitian merupakan research and development dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI MIPA SMA 2 Batang untuk uji coba terbatas, 295 siswa kelas XI MIPA dari tiga sekolah di Kabupaten Batang untuk uji empiris dan 92 siswa kelas X MIPA SMA N 2 Batang untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan representasi diagram dan vektor, dan angket penilaian kelayakan aspek materi dan media, angket telaah instrumen tes, dan angket respon siswa. Validasi instrumen dilakukan dengan Aiken’s V dan teori respon butir pada partial credit model (PCM) untuk goodness of fit. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala baku untuk analisis kelayakan produk dan General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05 untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) MLMs yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika SMA berdasarkan penilaian aspek materi dengan skor 3,67 dari skala 1 sampai 4; aspek media dengan skor 3,61 dan respon siswa dengan kategori sangat baik. (2) MLMs yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika SMA materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor siswa berdasarkan nilai Mean Difference sebesar -54,449 dan -37,331 dengan sumbangan efektif sebesar 87,2% dan 73,4%.Puji Iman NursuhudWarsono Warsono2016-06-09T01:26:11Z2019-10-01T11:53:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34174This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/341742016-06-09T01:26:11ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 2 WONOSARI
Jl. KH. AgusSalim No. 17, Ledoksari, Kepek,Yogyakarta 55813Telp (0274) 391019, 392454Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan.
Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk
menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai,
sikap, pengetahuan dan keterampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang
menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang
beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari,
Gunungkidul.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan.
Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru
pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus,
modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, penulis
diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi
kejuruan “Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan”. Praktik mengajar dimulai
pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015, dengan
menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 18 jam tiap minggu.
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar
bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan
kelas. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk menambah sarana dan
prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga
menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya
terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman
Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.Warsono Warsono