Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:59:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-31T03:39:10Z2019-01-30T14:14:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49370This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/493702017-05-31T03:39:10ZPENGARUH PENERAPAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA
BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY TERHADAP SIKAP
ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
N 1 SEDAYU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah
peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis
inquiry science laboratory; 2) ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah antara peserta
didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia
berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol; 3) ada
tidaknya perbedaan prestasi belajar antara peserta didik di kelas eksperimen yang
menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory
dengan peserta didik di kelas kontrol jika pengetahuan awal dikendalikan secara
statistik.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental posttest only
design dan pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas
XI IPA Reguler SMA Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 128
yang terbagi menjadi 5 kelas. Dua kelas sebagai sampel penelitian diambil secara
purposive sampling dan satu kelas sebagai kelas validasi instrumen penelitian. Data
dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, angket dan tes prestasi belajar.
Metode analisis yang digunakan yaitu uji paired samples t-test, uji independent
sample t-test dan uji anakova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan sikap ilmiah peserta
didik sebelum dan sesudah menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry
science laboratory; 2) tidak ada perbedaan sikap ilmiah antara peserta didik di
kelas eksperimen yang menggunakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis
inquiry science laboratory dengan peserta didik di kelas kontrol; 3) ada perbedaan
prestasi belajar antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan buku
petunjuk praktikum kimia berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik
di kelas kontrol jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.Sesilia Yulia Wardani