Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:55:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-10T07:52:36Z2019-10-01T12:05:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39398This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/393982016-08-10T07:52:36ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SD NEGERI PAKEM 1
TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk
melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat
mendarmabaktikan ilmu akademisnya di sekolah serta belajar dari sekolah sehingga
terjadi timbal balik dalam berbagai bidang keilmuan antara mahasiswa dan sekolah.
Adapun tujuan dari kegiatan PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait
dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga pendidikan.
Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa
sebagai calon guru atau pendidik.
Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 adalah
mengajar tematik yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014.
Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa melakukan observasi
pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru kelas, membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan
karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas t inggi.
Namun, kelas yang digunakan untuk mengajar yakni kelas 2, 3, 4, 5. Pelaksanaan
kegiatan PPL terdiri dari 8 kali praktik mengajar terbimbing, 2 kali praktik mengajar
mandiri dan 2 kali ujian praktik mengajar.
SD Negeri Pakem 1 pada tahun ajaran 2014/2015 mulai menerapkan kurikulum
2013 sehingga pada kesempatan ini selain mahasiswa dapat menimba ilmu di sekolah,
mahasiswa juga dapat berbagi ilmu kepada guru kelas mengenai pelaksanaan
pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Selain itu mahasiswa dapat meningkatkan
kemampuan mengelola kelas dan kemampuan melakukan variasi langkah
pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan pada RPP.
Kegiatan PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu,
pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah dalam kehidupan
nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara
UNY dengan sekolah yang terkait.Wakhidah Nurhidayati Wakhidah Nurhidayati